Polri: Pelempar Bom Pos Polisi Jaringan Teroris Poso

Pos polisi di Tasikmalaya dilempat bom pipa
Sumber :
VIVAnews
Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
- Polisi telah mengidentifikasi pelempar bom rakitan ke Pos Polantas di Jalan Mitrabatik, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, yang tewas ditembus timah panas tadi malam. Dia adalah Irwan alias Salaim alias Dias, merupakan anggota teroris Tasikmalaya.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Boy Rafli Amar mengatakan dalam kejadian tersebut satu orang rekan tersangka Irwan melarikan diri. Dia teridentifikasi sebagai anggota kelompok Abu Roban yang berhasil merampok hingga Rp1,8 Miliar untuk aksi teror kelompok Poso.
Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024


"Keberadaannya sebagai anggota jaringan Abu Roban diketahui dari Wiliam Maksum. Wiliam yang selamat dalam baku temak di Cigondewah, Bandung mengatakan mengenalnya," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 14 Mei 2013.


Boy menjelaskan, berdasarkan hasil klarifikasi diketahui bahwa tersangka Irwan merupakan bagian dari kelompok Abu Roban yang disiapkan di Tasikmalaya. Polisi menduga kuat kelompok ini akan melakukan aksi kekerasan dan perampokan di Tasikmalaya.


"Tersangka diduga pernah mengikuti pelatihan di Poso. Ini terlihat dari bom pipa rakitan yang digunakan untuk menyerang pos polisi namun tidak meledak," ungkapnya.


Akibat serangan di pos polisi lalu lintas Tasikmalaya tadi malam, seorang anggota Satlantas Polres Tasikmalaya, Iptu Widartono, menderita luka serius, yakni enam luka bacokan di bahu, dada dan kepala. Rekannya Briptu Wahyudi, selamat dari aksi tersebut.


Melihat rekannya terluka Widartono melakukan pengejaran. Dalam aksi pengejaran itu Briptu Wahyudi, berhasil melumpuhan Irwan yang saat itu berupaya melepaskan tembakan dari senjata rakitannya.


Polisi menyita barang bukti berupa bom pipa, satu buah pistol rakitan mirip FN, golok dan sepeda motor Honda Legenda dengan nomor polisi Z 5360 HU. Saat ini polisi masih mengejar satu tersangka lain yang diduga ikut dalam penyerangan. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya