Fahtanah: Tak Ada Niat Saya Beri Ustad Luthfi Rp1 Miliar

Ahmad Fathanah di PN Tipikor
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro
VIVAnews -
Drama Low Life Tentang Rahasia Gelap dan Harta Karun Bakal Tayang 2025 Mendatang
Ahmad Fathanah, Jumat 17 Mei 2013, membantah uang Rp1 miliar dari PT Indoguna Utama yang ditemukan penyidik KPK di Hotel Le Meridien adalah jatah  mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, dalam pengurusan kuota impor daging.

Ini Sosok Artis dan Pendakwah Berinisial D yang Terlibat Kasus Korupsi Suami Sandra Dewi

"Memang saya telepon Ustad Luthfi, tapi tidak ada satu kata uang itu untuk Ustad Luthfi," kata Fathanah saat menjadi saksi  dua terdakwa penyuap dari PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Arya Effendi di Pengadilan Tipikor, Jakarta.
Hampir 1,4 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek dari Mudik Lebaran 2024


Namun, dalam rekaman penyadapan yang diputar Jaksa KPK dalam sidang terdegar perkataan bahwa setelah menerima uang Rp1 miliar dari Indoguna, Fathanah berniat bertemu dengan Luthfi Hasan Ishaaq. "Saya hanya bilang kalau ada waktu boleh tidak malam datang," ujar Fathanah.


Fathanah berdalih saat itu ada hal penting yang akan disampaikan kepada Luthfi Hasan Ishaaq. Karena sepulang dari Medan, Fathanah sulit bertemu dengan Luthfi Hasan. "Kalau saya tidak mendesak beliau tidak pernah diberi waktu untuk ketemu, jadi saya suka menggoda untuk bisa bertemu," ujarnya.


Jaksa KPK tidak lantas percaya dengan kesaksian Fathanah yang menyatakan uang tersebut bukan untuk Luthfi Hasan Ishaaq. Diputarkan lagi rekaman penyadapan terkait hal itu, saat diperdengarkan, Fathanah sempat mengungkapkan kata-kata,  'ini sangat menguntungkan' kepada Luthfi.


Lagi-lagi Fathanah tetap pada pendiriannya. Uang Rp1 miliar itu bukan untuk Luthfi Hasan Ishaaq. Kalau pun ia berniat memberikan uang kepada sahabatnya itu atas suruhan seseorang, ia akan membicarakan hal itu terlebih dulu dengan Lutfhi.


"Tidak perlu saya sembunyikan satu hal pun sama Ustad. Tidak ada niat sedikit pun dalam hati saya berikan Rp1 miliar ke Ustad Luthfi," kata Fathanah.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya