Pesawat Militer AS Mendarat Tanpa Izin di Aceh

Dornier 328
Sumber :
VIVAnews - Sebuah pesawat jenis Dornier 328 yang membawa tiga tentara dan dua warga sipil asal Amerika Serikat mendarat di Lintasan Udara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar, Senin, 22 Mei 2013.  Pesawat itu diduga salah mendarat.
Jokowi Bakal Gelar Rapat Kabinet Terbatas Bahas Dampak Konflik Iran vs Israel Hari Ini

Pesawat yang terbang dari Maladewa itu, sebenarnya hendak transit di Srilanka, sebelum akhirnya ke Singapura. Namun, ternyata mereka salah tujuan, dan mendarat di Banda Aceh sekitar pukul 14.30 WIB.
Taeyong Resmi Wajib Militer, Dapat Dukungan Hangat dari Anggota NCT

Kelima awak pesawat warga negara Amerika Serikat adalah Tutle Colton Timothy (Pilot), Priest Chyntia Ellizabeth (Co-Pilot), Faire Loren Mattjew (Teknisi), Moreno David Antonio, dan Sanchez Gaona Diego.
Top Trending: Sosok Ratu Judi Asal Israel Hingga Paus Puasa Nonton TV 35 Tahun

Danlanud Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar, Kolonel Penerbang Supriabu menyebutkan, pihaknya mengamankan sementara warga asing itu dan memeriksa kelengkapan dokumen mereka. Mereka diharuskan melengkapi izin pendaratan. "Pesawat baru boleh diterbangkan setelah dokumen lengkap," katanya.

Mereka akhirnya diminta untuk mengurus izin pendaratan ke Kementerian Luar Negeri dan Mabes TNI. Menurut Supri, malah awak pesawat itu berencana menginap di Aceh. "Mereka  rencana mau menginap, tapi kami larang," ujarnya.

Izin kemudian diproses ke Mabes TNI dan Kementerian Dalam Negeri. Sekitar pukul 17.30 WIB, pihak Lanud Sultan Iskandar Muda menerima faksimile dari markas TNI, dan akhirnya pesawat dibolehkan terbang kembali. "Proses diplomatik akan terus berlanjut di pemerintah," ujarnya. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya