Anugerah untuk SBY Berlawanan dengan Laporan Deplu AS?

SBY dan ahli waris Mbah Priok, Habib Salim (kanan)
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf
VIVAnews
WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan dianugerahi 'World Statesman Award' atau penghargaan negarawan dunia 2013 oleh Appeal of Conscience Foundation (ACF), sebuah lembaga yang berpusat di New York, Amerika Serikat. Anugerah ini mendapat protes dari sejumlah kalangan di dalam negeri termasuk oleh pemuka Katolik Romo Frans Magnis Suseno.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Menariknya, sikap ACF yang berpusat di AS ini agak berlawanan dengan analisis Departemen Luar Negeri AS. Biro Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Buruh Departemen Luar Negeri AS dalam Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2012 menyatakan, "Pemerintah (Indonesia) kadang gagal menjaga hak beragama kelompok minoritas".
Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang


Deplu AS melaporkan, seperti diakses VIVAnews di situsnya, Selasa 21 Mei 2013, ada temuan polisi bekerjasama dengan kelompok garis keras melawan kelompok sekte yang dinilai "sesat". Ada laporan pejabat pemerintah dan polisi menyaksikan kekerasan atas pengikut Syiah oleh Sunni di Jawa Timur.


Kemudian ada juga laporan pemerintah daerah terus menghalangi pembangunan rumah ibadah padahal ada putusan Mahkamah Agung yang membolehkan pembangunan. Kemudian ada juga sejumlah kepala daerah yang membuat peraturan yang melarang jemaat Ahmadiyah menjalankan kepercayaannya.


Deplu AS mengutip laporan Setara Institue dan Wahid Institute yang menyatakan di tahun 2012, ada 145 kasus pelanggaran atas kebebasan beragama, meningkat dibanding tahun sebelumnya. Umumnya kasus melibatkan aparat keamanan yang mendiamkan adanya pelanggaran atas kebebasan beragama yang dilakukan kelompok tertentu.


"Sepanjang tahun 2012, pemerintah tidak melakukan tindakan konkret melaksanakan putusan Mahkamah Agung yang mengizinkan Gereja Kristen Indonesia Yasmin di Bogor dan Gereja Filadelfia Kristen Batak Protestan dibuka kembali di Bekasi," pernyataan Deplu AS. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya