Wacik: Sisa Korban Freeport Diperkirakan Tak Ada yang Hidup

Korban Longsor PT Freeport Indonesia
Sumber :
VIVAnews
1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
– Sampai saat ini, Selasa 21 Mei 2013, belum semua korban longsor Freeport ditemukan. Dari total 38 korban yang tertimbun di terowongan Big Gossan Mil 74 Tembagapura Mimika Papua, 21 tewas dan 10 selamat, sedangkan 7 lainnya masih terkubur di dalam terowongan yang longsor.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

“Di dalam masih ada tujuh lagi. Diperkirakan sudah tidak ada yang hidup. Tim Basarnas besok atau lusa sampai ke ujung titik lokasi yang runtuh,” kata Wacik di Istana Negara, Jakarta. Dengan demikian, evakuasi diprediksi rampung dalam satu atau dua hari ke depan seperti harapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini


Wacik mengatakan, semua korban harus berhasil dikeluarkan dari dalam reruntuhan terowongan Big Gossan. “Kita urus dulu korban. Itu nomor satu. Investigasi tetap berjalan sembari kita urus ini,” kata dia.


Terkait itu pula Kementerian ESDM akan memanggil pimpinan PT Freeport Indonesia untuk dimintai pertanggungjawaban. Saat ini semua biaya pengobatan korban yang selamat dibiayai oleh Freeport. “Santunan untuk korban nanti diurus bersama Menteri Tenaga Kerja,” ujar Wacik.


Sebelumnya Juru Bicara Freeport Indonesia, Daisy K Primayanti, mengatakan tim penyelamat terus bekerja 24 jam dengan menyebar pada titik-titik yang memungkinkan untuk mengeluarkan para korban dari lokasi longsor. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya