Saksi: Luthfi Titip Pesan ke Mentan Soal Daging

Sidang Kasus Korupsi Daging Sapi
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Sekretaris Menteri Pertanian Baran Wirawan dihadirkan sebagai saksi perkara suap pengurusan kuota impor daging di Kementerian Pertanian untuk terdakwa Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Rabu 22 Mei 2013.

Dalam kesaksiannya, Baran mengaku pernah dipanggil Luthfi Hasan Ishaaq semasa masih menjabat Presiden PKS ke Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, pada Januari 2013. Saat itu, kata dia, Luthfi menyampaikan pesan kepada Mentan Suswono, terkait masalah daging.

"Yang berkaitan dengan perkara ini, beliau menyampaikan 'tolong Pak Menteri agar lebih peka terhadap problem yang dihadapi masyarakat, mengenai harga daging tinggi dan celeng'," kata Baran.

Awalnya Luthfi ingin menyampaikan pesan itu langsung kepada Suswono, namun karena kesibukan Suswono terkadang pesan itu disampaikan melalui sekretaris Mentan. "Beliau (Luthfi) sebagai kolega Pak Menteri, kadang-kadang kalau telepon menteri tak nyambung, (Luthfi) tanya saya," ujarnya.

Saat datang ke kantor DPP PKS, Baran mengaku datang sendirian. Dia membantah selama bertemu dengan Luthfi turut membicarakan kuota impor daging untuk PT Indoguna Utama maupun Ahmad Fathanah. Tapi hanya menyampaikan pesan kepada Suswono terkait permasalah daging di tengah masyarakat.

"Saya laporkan ke menteri, Pak Luthfi pesan agar Pak menteri bisa merespons permasalahan di masyarakat," ucapnya.

Saat ditanya majelis hakim apa respon Mentan Suswono setelah menerima pesan Luthfi Hasan Ishaaq, Baran menyatakan, sebenarnya Suswono sudah tahu tentang permasalahan itu. "Artinya baiklah. Meresponlah," tegas Baran.

Kedua terdakwa merupakan petinggi PT Indoguna Utama, perusahaan yang kemudian meminta penambahan kuota impor daging sapi. Untuk memuluskan penambahan kuota itu, keduanya kemudian memberikan uang Rp1 miliar untuk Luthfi, melalui orang dekatnya Ahmad Fathanah. Dana itu bagian dari 40 miliar dari fee yang diduga jatah untuk Luthfi.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Fathanah keburu ditangkap KPK pada akhir Januari lalu. Setelah itu, KPK juga menangkap Luthfi keesokan harinya. Baik Fathanah dan Luthfi sudah berstatus tersangka dalam kasus ini. (umi)

Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024