Coblos Ulang Pilgub Bali, Puspayoga Ungguli Pastika

Puspayoga beri hak pilih
Sumber :
VIVAnews
Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel
- Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Bali, Anak Agung Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan (PAS) unggul 20 suara dari rivalnya Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta (Pasti-Kerta) dalam pencoblosan ulang di TPS 3 Desa Bungkulan, Kabupaten Buleleng, Rabu 22 Mei 2013.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Hasil penghitungan suara, pasangan Puspayoga-Sukrawan meraih 168 suara, sementara Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta mengantongi 148 suara. Suara tidak sah berjumlah empat lembar. Jumlah warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 3 Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan mencapai 538 orang. Namun warga menggunakan hak pilih sebanyak 320 orang.
Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini


Pencoblosan ulang di TPS 3 Desa Bungkulan atas rekomendasi KPUD dan Panwaslu Provinsi Bali sebagai tindak lanjut atas adanya pencoblosan 100 surat suara sekaligus oleh warga setempat, Rabu 15 Mei 2013.


Pencoblosan ulang di TPS 3 Desa Bungkulan dijaga ketat aparat TNI/Polri. Penjagaan ketat untuk menjaga keamanan dan kelancaran pencoblosan ulang di kampung halaman Wakil Gubernur Bali dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewa Nyoman Sukrawan.


Pencoblosan ulang digelar atas rekomendasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwaslu Provinsi Bali atas terjadinya pelanggaran pemungutan suara di TPS 3 Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, pada pilkada Rabu 15 Mei 2013.


Pada saat itu seorang warga mencoblos 100 lembar surat suara sekaligus tanpa dicegah oleh petugas TPS dan KPPS setempat. Petugas TPS dan KPPS akhirnya diberhentikan dan KPU Kabupaten Buleleng mengangkat petugas yang baru untuk menggelar pencoblosan ulang.


Kepala Sub-Bagian Teknis dan Humas Pemkab Buleleng, I Nyoman Riang Pustaka, berharap pencoblosan ulang bisa menjadi pembelajaran demokrasi dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur untuk periode lima tahun mendatang.


Pemkab Buleleng juga menetapkan hari libur fakultatif pada hari pencoblosan ulang tersebut. "Jangan sampai ada lagi pihak-pihak yang dirugikan dalam pencoblosan ulang ini," katanya mengingatkan, Rabu 23 Mei 2013.


Pada pencoblosan terdahulu di TPS 3 itu, pasangan Puspayoga-Sukrawan mengantongi 281 suara, sedangkan Pastika-Sudikerta meraih 192 suara. Pencoblosan ulang di TPS yang dibangun di Balai Banjar Sema, Desa Bungkulan, mendapat pengamanan ketat dari 100 personel gabungan TNI/Polri.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya