FOTO: Tambang Bawah Tanah Freeport Papua yang Longsor

penyelamatan korban longsor di Big Gossan, Freeport
Sumber :
  • Wildan Kesuma

VIVAnews - Tim evakuasi berhasil menemukan seluruh korban longsor tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia dalam kurun waktu delapan hari, terakhir Rabu 22 Mei 2013. Dari 38 orang, 10 orang di antaranya selamat dan 28 orang meninggal dunia akibat tertimbun batu dan tanah.

Longsor terjadi di ruang kelas 11, pusat pelatihan yang terdapat di terowongan Big Gossan. Big Gossan terletak di ketinggian 3.020 meter dari permukaan laut, namun memiliki kedalaman 600 meter dari permukaan tanah. Jarak titik longsor ke pintu masuk terowongan 500 meter.

Belajar dari Kecelakaan Bus Subang, Waspadai Bahaya Rem Blong Pada Mobil

penyelamatan korban longsor di Big Gossan, Freeport

Ruang kelas yang beratapkan seng tidak kuat menahan reruntuhan batu yang menimpa. Ruang kelas tersebut sedang digunakan oleh karyawan Freeport untuk pelatihan keselamatan dan keamanan tambang bawah tanah.

Akibat peristiwa ini, manajemen Freeport Indonesia memberhentikan sementara kegiatan operasional tambang bawah tanah. untuk melihat proses evakuasi korban longsor Freeport Indonesia. (umi)

Proses evakuasi kecelakaan bus SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang

Siswa SMK Korban Kecelakaan Bus Maut di Subang Sempat Kirim Voice Note Teriak Minta Tolong

Menurut sejumlah pihak, bus maut yang alami kecelakaan dinilai memang tak layak jalan. Namun, bus tersebut tetap dipaksakan jalan.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024