Usut Keterlibatan Elit PKS, KPK Tunggu Sidang Luthfi dan Fathanah

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo
VIVAnews - Ahmad Fathanah, tersangka suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian, saat dihadirkan sebagai saksi bagi terdakwa Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) mengaku beberapa kali menyebar uang yang diduga berasal dari korupsi kepada elit PKS.
Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Terhadap kesaksian itu, Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, Senin 27 Mei 2013, menyatakan KPK masih fokus terhadap kasus suap impor daging dengan empat tersangka. 
Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Baginya pernyataan Fathanah mengenai adanya keterlibatan pihak lain itu dalam kapasitasnya sebagai saksi. Akan semakin kuat nilainya, jika pernyataan yang sama diungkapkan Fathanah di persidangan berikutnya sebagai terdakwa.
Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

"Kita belum periksa dia (Fathanah) sebagai terdakwa. Mudah-mudahan dalam pemeriksaan Fathanah pernyataan itu bisa nanti terungkap lagi. Diharapkan Ahmad Fathanah tidak memberikan informasi yang distorsif," kata Bambang saat ditemui di kantornya.

Meski begitu, dari persidangan dua bos PT Indoguna Utama itu, Bambang meyakini bahwa penuntut umum telah menemukan relasi yang cukup kuat antara Ahmad Fathanah dan Luthfi Hasan Ishaaq dalam konteks suap pengurusan kuota impor daging di Kementerian Pertanian.

"Nah nanti mudah-mudahan dalam persidangan LHI dan AF bisa diperlihatkan lebih lanjut," ujarnya. (sj)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya