Rusuh Palembang, Ini Penyebab Polisi Kecolongan

Kebakaran Palembang dipicu aksi massa. Polisi berjaga dekat lokasi kebakaran.
Sumber :
  • VIVAnews/Aji YK Putra -- Palembang

VIVAnews – Polisi tak menyangka aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Palembang hari ini, Selasa 4 Mei 2013, berujung pada aksi pembakaran pertokoan di Jalan Beringin Janggut Kelurahan 16 Ilir, Kecamatan Seberang Ulu I Palembang, Sumatera Selatan.

“Kami kecolongan,” ujar Kapolres Palembang, Komisaris Polisi Sabarudin Ginting, yang langsung terjun langsung ke lokasi kejadian begitu peristiwa pembakaran terjadi.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

Menurutnya, konsentrasi polisi sejak pagi hingga siang tadi dititikberatkan pada pengamanan aksi demonstrasi di kantor DPRD. "Tiba-tiba pertokoan terbakar. Beberapa saksi mengatakan, ada sebagian massa demo yang melakukan pembakaran itu,” kata Kapolres. Pembakaran diduga dilakukan oleh 50 orang di antara massa demonstran.

Kepolisian kini menangkap dua orang yang ikut dalam aksi demonstrasi untuk dimintai keterangan lebih lanjut. “Inisial belum bisa disebutkan karena (kebakaran) ini masih diselidiki,” kata Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Saud Nasution yang juga berada di lokasi pembakaran.

Asna (45 tahun), pemilik Toko Tunas Elektronik yang dibakar massa mengatakan, sekitar pukul 12.00 WIB dia berada di dalam toko dan melihat beberapa orang massa aksi berada di depan tokonya. “Sewaktu saya mau keluar, rombongan itu langsung menyuruh saya masuk. Saya masuk, lalu terdengar ledakan, dan toko saya terbakar,” kata dia.

Pedagang buah di depan sebuah toko elektronik yang dibakar menyatakan, 50 orang tepat tengah hari tadi memaksa masuk ke dalam salah satu toko. Mereka lalu menuju motor yang dipajang di toko itu sebagai hadiah. Massa kemudian membuka tangki motor dan menyulutkan api ke dalam tangki itu.

“Saya lihat mereka membuka jok motor hadiah, menyulutkan api, dan motor langsung meledak sehingga seisi toko terbakar. Mereka juga bawa bom molotov,” kata pedagang buah dan saksi-saksi lain di lokasi kejadian yang enggan disebut namanya. Api pun dengan cepat merambat ke toko-toko elektronik lain yang ada di kawasan itu. (Laporan: Aji YK Putra, Palembang | umi)

Jollof Rice

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Tak hanya di Indonesia yang punya menu khas unik untuk disantap saat berbuka puasa. Umat muslim di berbagai belahan dunia lainnya, juga punya menu unik untuk buka puasa

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024