Ditanya Sri Mulyani, Ketua KPK Jelaskan Strategi Sepakbola

Menkeu Sri Mulyani
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memenuhi panggilan Tim Pengawas (Timwas) Century, Rabu 5 Juni 2013. Sebelum rapat, Ketua KPK Abraham Samad membantah ada perlakuan khusus bagi Sri Mulyani, mantan Menteri Keuangan, dalam pemeriksaan terkait kasus Century.

Seperti diketahui, penyidik KPK memeriksa Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani di Amerika Serikat, bukan di kantor KPK. Menurut Abraham, pemeriksaan Sri Mulyani di luar negeri merupakan bagian dari strategi penyidikan kasus.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

"Jadi setiap kasus berbeda strateginya. Sama seperti main bola. Misal lawan Jerman, beda strateginya saat lawan Belanda," jelas Abraham.

Hasil pemeriksaan Sri Mulyani? "Saya tidak bisa mengutarakan hal itu karena sifatnya rahasia. Hanya bisa di persidangan nanti," jawab Abraham.

Tapi, dia mengaku kalau Sri Mulyani diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan dugaan penyalahgunaan kewenangan saat penggelontoran Fasilitas Pendanaan Jangan Pendek (FPJP) ke Bank Century pada 2008 itu. KPK juga menduga ada penyalahgunaan kewenangan saat penentuan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Untuk kedua dugaan tindak pidana itu, KPK sudah menetapkan pejabat Bank Indonesia (BI) Budi Mulya sebagai tersangka. Semula, KPK juga menetapkan pejabat BI lainnya, Siti Fadjrijah. Namun, KPK meralat dan menyatakan yang bersangkutan tengah sakit parah sehingga tak bisa diperiksa. (sj)

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas
Toko Alat Musik

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Tujuan dari ekspansi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman musik bagi para musisi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024