NASIONAL

Cara ASDP Datangkan Kapal ke Indonesia

Kapal itu akan didatangkan dari Korea dan Inggris.
Kamis, 6 Juni 2013
Oleh : Antique, Arie Dwi Budiawati
Kapal ferry di Pelabuhan Merak.
VIVAnews - PT ASDP Indonesia Ferry akan mengimpor empat kapal roll-off roll-on (roro) dari berbagai negara untuk mengatasi antrean panjang di Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Danang S Baskoro, saat dihubungi VIVAnews, Rabu 5 Juni 2013, menjelaskan bahwa empat kapal tersebut berasal dari Inggris dan Korea. 

Menurut Danang, perseroan nantinya mendatangkan kapal-kapal tersebut dengan cara sewa guna usaha (leasing). "Kami tidak membeli," kata dia.

Dia mengatakan, perusahaan memilih cara menyewa, karena biayanya lebih murah daripada membeli kapal. ASDP menggandeng PT PANN Multi Finance untuk rencana tersebut.

"Dengan cara ini, kami bisa mendapatkan beberapa kapal dengan dana yang terbatas. Misalnya dengan uang tertentu, hanya bisa membeli kapal satu unit. Tapi, kalau menyewa, bisa mendapatkan sepuluh unit," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, sempat mengatakan bahwa perusahaan yang mempunyai 130 kapal ferry ini berencana untuk menerbitkan obligasi senilai Rp200 miliar guna pengadaan kapal berukuran panjang 150 meter dan lebar 21 meter.

Namun, saat dikonfirmasi, perusahaan tersebut belum berniat untuk melakukan hal itu. "Kami belum berniat terbitkan obligasi. Kalau sekiranya perlu, pasti kami akan menerbitkannya," kata Danang.

Selain itu, Danang mengatakan bahwa pemenuhan kebutuhan kapal itu tidak seperti yang lainnya, tidak bisa dilakukan secara instan dalam memenuhi kebutuhan konsumen. "Kalau sekiranya kapal kurang, ya, kami mencari kapal di market," tuturnya. (art)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found