305 Rangkaian Kereta Diturunkan Selama Lebaran

Mudik di Stasiun Senen 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England
- PT Kereta Api Indonesia menyiapkan 305 rangkaian kereta untuk angkutan mudik Lebaran, Agustus mendatang. Kepala Balai Yasa Yogyakarta, John Roberto, Minggu 9 Juni 2013, mengatakan, sebanyak 41 rangkaian di antara merupakan kereta tambahan.

Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman

Roberto mengatakan, total kereta atau gerbong penumpang yang akan dioperasikan sebanyak 1.558 buah yang terdiri atas 1.419 reguler dan 139 cadangan.
5 Mahasiswa Muslim di India Terluka Akibat Ditimpuk Batu saat Salat


Lokomotif cadangan nantinya akan ditempatkan di stasiun strategis, sehingga sewaktu-waktu diperlukan akan mudah operasikan. Penempatan itu antara lain di Stasiun Madiun, Kertosono, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Cikampek, dan Purwokerto.


“Pada masa angkutan Lebaran ini akan dioperasikan pula 55 lokomotif baru, 15 di antaranya cadangan,” katanya.


Seluruh lokomotif yang akan melayani angkutan Lebaran dijadwalkan sudah selesai menjalani perawatan di Balai Yasa Yogyakarta.


Pada 30 Juli, proses perawatan dan perbaikan di Balai Yasa dijadwalkan selesai. Lokomotif kembali ke depo masing-masing. Demikian pula para teknisi Balai Yasa, nantinya juga akan diperbantukan ke depo untuk mendukung operasional angkutan Lebaran.


Perawatan terhadap lokomotif sebenarnya kegiatan rutin agar perjalanan berjalan lancar. Apalagi, lokomotif yang dioperasikan ini cukup banyak yang berusia lanjut. Bahkan, ada lokomotif yang bekerja sejak 1977 hingga kini masih berjalan.


“Jumlah lokomotif yang berusia lanjut ini mencapai 40 persen," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya