Kronologi Kecelakaan Pesawat Merpati di El Tari Kupang

Pesawat Merpati Nusantara
Sumber :
  • Antara/ Bernadus Tokan

VIVAnews - Pesawat Merpati jurusan Bajawa–Kupang mengalami Hard Landing di runway 07 Bandara EL Tari, Kupang, Senin, 10 Juni 2013 pukul 09.40 WITA. Hard Landing merupakan kondisi dimana pesawat menyentuh landasan dengan kecepatan tinggi dan benturan keras yang lebih besar dari keadaan normal.

Pesawat dengan nomor penerbangan MZ 6517 tersebut berdasarkan manifes membawa 45 orang dewasa, satu orang bayi dan empat kru pesawat. Seluruh penumpang dan kru pesawat selamat.

"Setelah dilakukan evakuasi, seluruh penumpang dibawa ke VIP lounge serta satu penumpang dewasa dibawa ke RS AURI untuk dilakukan pengecekan kesehatan,’’ kata Corporate Secretary PT.Merpati Nusantara Airlines Herry Saptanto melalui pesan tertulis kepada VIVAnews.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Menurutnya, kondisi pesawat jenis MA 60 saat ini dalam proses evakuasi untuk dilakukan investigasi lebih lanjut oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Dugaan sementara  pesawat mengalami Hard Landing, namun Herry mengaku belum mendapatkan Informasi mengenai sebab-sebab kecelakaan."Kita serahkan KNKT mengenai investigasi tersebut," ujar Herry.

Herry menjelaskan, pesawat Merpati itu terbang dengan rute Kupang–Bajawa pukul 07.40 WITA kemudian kembali terbang dari Bajawa menuju Kupang  pukul 09.00 WITA  dengan waktu kedatangan sekitar pukul jam 09.40 WITA.

Menurut rencana Pesawat tersebut selanjutnya akan menerbangi rute Kupang–Waingapu PP (pulang pergi) dan Kupang–Alor PP. "Dengan adanya insiden ini Merpati akan menyiapkan pesawat pengganti agar pelayanan ke kota-kota tersebut tidak terganggu," kata Herry

Dia menegaskan, pesawat jenis MA 60 dalam posisi laik terbang. Pesawat tersebut pertama kali digunakan Merpati sejak Desember 2010. Adapun soal penanganan bagasi, muatan barang dan pengobatan diatur sesuai Undang-undang Penerbangan. (umi)

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024