SBY: Bangsa Ini Harus Tegas dan Keras

SBY - Boediono Reshuffle kabinet
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-35 ditandai pemukulan kulkul di panggung terbuka Ardha Candra, Art Center Denpasar, Sabtu 15 Juni 2013. Acara pembukaan dihadiri para pejabat pemerintah pusat dan daerah serta ribuan penonton yang memadati panggung terbuka Ardha Candra.

Dalam sambutannya, SBY menilai tema PKB ke-35 sudah pas dengan dinamika kehidupan masyarakat Bali. Adapun tema pesta budaya tersebut adalah "Taksu: Membangkitkan Daya Seni Kreatif dan Jati Diri."

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

"Dari sembilan kali saya membuka PKB, saya mempunyai kesan tampilan seni dan budaya Bali semakin indah, menarik, sarat pesan moral. PKB dari tahun ke tahun makin meriah dan suskes. Terima kasih seniman, budayawan dan masyarakat Bali. Kami semua bangga," kata Presiden SBY.

Menurutnya, PKB tak hanya jadi ajang puncak menampilkan budaya dan kreativitas masyarakat Bali, tetapi juga masyarakat nusantara. PKB juga sejalan dengan jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa majemuk yang tetap menghormati perbedaan.

"Kepada peserta saya harapkan menjadikan PKB wahana apresiasi budaya bertaraf intetansional sekaligus memajukan persahabatan dan kemitraan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia," harap SBY.

4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs

Kerukunan dan Toleransi
Dalam kesempatan itu, Yudhoyono juga mengingatkan betapa pentingnya melestarikan seni dan budaya Nusantara di tengah kehidupan modern yang dinamis. Makin intens interaksi dengan globalisasi, kata dia, justru upaya pelestarian seni dan budaya makin penting.

Menurutnya, kemajemukan bangsa dan perbedaan di satu sisi mesti dilihat sebagai rahmat. Namun, di sisi lain perbedaan itu harus dikelola dengan arif agar tidak timbul hal-hal yang merugikan bangsa seperti perpecahan.

"Kita semua wajib menjaga persatuan dan kerukunan di tengah keberagaman. Bangsa ini harus tegas dan keras kepada siapa yang merusak kerukunan dan toleransi. Semua pemimpin punya tanggung jawab menjaga kerukunan dan toleransi."

Usai memberi sambutan, Yudhoyono secara resmi membuka PKB ke-33 melalui pemukulan kulkul. Bagi masyarakat Bali, kulkul merupakan alat komunikasi untuk menjembatani manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, dan manusia dengan sesamanya.

PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024