Pantau Sidang 12 Oknum Kopassus, KY Kirim Tim

Keluarga membawa foto korban penyerangan Lapas Cebongan.
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan
VIVAnews -
TKN Prabowo-Gibran Yakin MK Tolak Permohonan Anies dan Ganjar
Komisi Yudisial (KY) akan mengirim tim pemantau persidangan kasus penyerangan Lapas Cebongan, Yogyakarta. Tim ini bekerja di bawah biro pengawasan hakim.

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran

"Dalam pelaksanaannya, akan kerjasama dengan jejaring kami di sana," kata Juru Bicara KY, Asep Rahmat Fajar, Rabu, 19 Juni 2013.
Direstui Surya Paloh untuk Maju Pilkada DKI 2024, Anies Baswedan Bilang Begini


Selain tim pemantau, Wakil Komisi Yudisial Imam Anshori Saleh juga akan menghadiri dan mengawasi persidangan terhadap yang menjadi tersangka dalam kasus penyerangan dan menewaskan 4 tahanan itu. KY berharap majelis hakim melaksanakan tugasnya secara profesional dan independen.


Sebelumnya, Mahkamah Agung juga telah menunjuk tiga hakim agung untuk memantau persidangan kasus penyerangan Lapas Cebongan, Yogyakarta. Mereka adalah Ketua Kamar Peradilan Militer MA, Imron Anwari, Hakim Agung Gayus Lumbuun, dan Hakim Agung Andi Abu Ayyub.


Hakim Agung Gayus Lumbuun mengatakan proses pemantauan ini merupakan tugas Mahkamah Agung di bidang pembinaan. Mahkamah berharap proses penegakan hukum dalam kasus ini bisa berjalan objektif, adil, dan transparan.


Jika tak ada aral, sidang para anggota Kopassus itu akan digelar di Pengadilan Militer Yogyakarta, Kamis besok. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya