Kompensasi Kenaikan BBM yang Disiapkan Pemerintah

Antrian BBM di SPBU Menjelang Kenaikan Harga
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah resmi mengumumkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Seiring dengan kenaikan itu, pemerintah menyiapkan kompensasi kepada masyarakat miskin yang terdampak.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan ada tiga program lanjutan dan dua program khusus yang akan diberikan pemerintah. Dua program khusus itu, Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan pengembangan infrastruktur dasar.

"BLSM sudah bisa diambil besok di kantor," ujarnya di kantor kementerian koordinator bidang perekonomian, Jakarta, Jumat 21 Juni 2013 malam.

Semua Pihak Diminta Tunjukan Kedewasaan Politik dan Menerima dengan Lapang Dada Hasil Pemilu

BLSM menurut Armida akan dibagikan kepada 15,5 juta rumah tangga sasaran yang masuk kategori sangat miskin, dan hampir miskin di seluruh Indonesia. Pengambilan BLSM menggunakan kartu perlindungan sosial (KPS), yang telah disebarkan mulai awal bulan lalu.

Selain kedua program tersebut, ada tiga perluasan program perlindungan sosial yang sudah dijalankan pemerintah. Beras miskin ditambah tiga bulan penyalurannya pada tahun ini.

Selain itu ada peluasan cakupan dan penambahan anggaran program keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM bagi masyarakat.

"Total anggarannya Rp29,7 triliun. BLSM Rp9,7 triliun, Raskin Rp4,3 triliun, PKH Rp700 miliar, BSM Rp7,5 triliun, serta  pengembangan infrastruktur Pedesaan Rp7,2 triliun," katanya. (umi)

Universitas Nasional (Unas) Jakarta

Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso

Rektor Universitas Nasional El Amry Bermawi Putera bentuk Tim Pencari Fakta dugaan pencatutan nama dalam publikasi jurnal internasional yang melibatkan Kumba Digdowiseiso

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024