Sleman Pasang Sembilan Alat Pemantau Letusan Merapi

Wisata di Gunung Merapi saat masih dalam keadaan stabil.
Sumber :
  • ANTARA/ Teresia May
VIVAnews
Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House
- Ancaman letusan Gunung Merapi terus melanda penduduk di sekitar lereng. Maka warga setempat diminta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Tidak sekadar menganjurkan ke warga, Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, juga memasang sembilan alat Early Warning System (EWS) atau perangkat peringatan dini untuk memantau letusan Merapi.
Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta, Heru Saptono, mengatakan pemasangan EWS dilakukan di daerah atau lereng merapi seperti di Srunen dan Kalitengah Lor atau di sekitar Desa Glagaharjo, Cangkringan, kawasan Tangkisan yang meliputi Umbulharjo, Cangkringan, Batur dan Kepuharjo.


"Alat itu dikendalikan di Posko Utama di Pakem atau di Kantor BPBD Sleman," katanya, Sabtu 22 Juni 2013.


Selain perangkat EWS yang dioperasikan BPBD, menurut Heru, pemasangan sejumlah perangkat sejenis juga dilakukan dan dioperasikan oleh BPPTK, Balai Sabo dan sebagainya. Dari pemantauan, aktivitas Gunung Merapi akhir-akhir ini cenderung kembali meningkat. Bahkan pada Jumat pagi kemarin, sempat terjadi hujan abu tipis.


Tapi menurut petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi  di Kaliurang Yulianto, aktivitas gunung aktif itu masih normal dan tidak ada peningkatan aktivitas yang mengkhawatirkan.


"Ini karakter baru Merapi usai letusan besar tahun 2010 yang lalu," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya