SBY Sentil Pejabat yang Asal Cuap Soal Kebakaran Riau

Menteri Keuangan Chatib Basri
Sumber :
  • Biro Pers Istana/Abror Rizki
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melarang para menterinya berkomentar soal kebakaran hutan di Riau, hingga proses penanggulangan dan investigasi bencana asap kebakaran itu tuntas dilakukan.  
Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Larangan itu disampaikan Presiden SBY di kantornya di Jakarta, Senin 24 Juni 2013. Dia menegaskan bahwa larangan dilakukan sehubungan dengan adanya beberapa pejabat negara yang mengeluarkan pernyataan ke berbagai pihak tanpa berupaya untuk membantu penanggulangan bencana tersebut.
Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

"Di samping, belum tentu sama satu sama lain, bisa juga belum dicek kebenarannya, dan ketika diungkapkan menjadi persoalan," ujar SBY.
Russia Delivers Over 29 Tons of Humanitarian Aid for Gaza

Presiden menegaskan, tidak perlu saling menyalahkan atas bencana ini. Apalagi, sampai menuding pihak tertentu atau perusahaan sampai menyebutkan identitas dan asalnya.

"Ini yang menjadikan concern dari Singapura dan Malaysia, karena ada penyataan yang berbeda, dari satu dan yang lain, dari jajaran pemerintah Indonesia," tambahnya.

SBY menegaskan, setelah dilakukan investigasi secara menyeluruh, pada akhirnya akan ketahuan siapa yang bersalah. Tidak pandang bulu, yang bersalah harus dihukum dengan tegas.

"Tidak menjalankan aturan yang ditetapkan UU, apakah perusahaan Indonesia atau asing hukum harus ditegakkan setegas-tegasnya dan seadil-adilnya,"kata SBY.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya