Nikahi Mahdiana, Djoko Susilo Pakai Nama 'Mas Dika'

Mahdiana, istri kedua Irjen Djoko Susilo
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVAnews
Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme
- Tedakwa kasus korupsi pengadaan Simulator SIM di Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Djoko Susilo menikahi Mahdiana pada Mei 2001. Saat menikahi Mahdiana, Djoko Susilo mengaku bernama Andika Susilo atau biasa disebut 'Mas Dika'.

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

Pengakuan itu terungkap saat sidang yang dipimpin Hakim Suhartoyo di pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa 25 Juni 2013, menghadirkan sembilan orang saksi yang berkaitan dengan jual beli tanah Djoko Susilo yang diatasnamakan istri keduanya, Mahdiana.
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara


Salah satunya saksi Henny Rayani. Henny mengaku pernah membeli tanah seluas 3.201 meter persegi dari Mahdiana pada November 2012. Tanah yang berlokasi di Jalan Paso RT 005 RW 004 Kelurahan Jagakarsa Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dibeli Henny dari Mahdiana seharga Rp5 miliar.


"Mahdiana teman saya. Saya kenal dia karena anak saya dan anak dia teman di sekolah," kata Henny di Pengadilan Tipikor, Jakarta.


Sebagai teman dan pernah berhubungan jual beli tanah dengan Mahdiana, Henny pernah dikenalkan dengan suami Mahdiana. Kepada majelis hakim, Henny mengatakan, suami Mahdiana bernama 'Mas Dika'.


"Namanya Mas Dika, Andika Susilo," ujar Henny. Dia pun membenarkan bahwa Dika yang dimaksud adalah terdakwa Djoko Susilo.


Henny sempat bertemu tiga kali dengan suami Mahdiana, pertama saat acara buka puasa di rumahnya di Jalan Duren, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kedua, saat ulang tahun Mahdiana di restoran miliknya di Central Park, Jakarta. Ketiga, saat Henny main ke rumah Mahdiana.


Disamping itu, kata Henny, Mahdiana sempat bercerita mengenai kehidupan rumah tangganya dengan Andika Susilo alias Djoko Susilo. Menurutnya, Mahdiana pernah bercerita sambil menangis dan mengeluh soal kehidupan rumah tangganya.


"Saya (Mahdiana)
enggak
kuat hidup seperti ini. Dia bilang mau berpisah (dengan Djoko Susilo)," kata Henny menirukan Mahdiana.


Bahkan, tambah Henny, selama ini Mahdiana juga tidak mengetahui apa pekerjaan Djoko Susilo. Saat ditanya soal apa pekerjaannya, Djoko selalu berkelit. "Pas ditanya ke suami, pekerjaan suami saya rahasia negara," kata Henny mengutip Mahdiana lagi.


Selain Henny, saksi lainnya Ali Sudin juga mengakui suami Mahdiana biasa dipanggil 'Mas Dika'. Panggilan itu diketahui Ali, karena saat pernikahan Djoko dengan Mahdiana pada 2001, Ia pun turut hadir dalam pernikahan itu karena masih kerabat dengan Mahdiana.


"Pernikahannya di Jatipadang, kalau tidak salah tahun 2001. Itu kita panggilnya Mas Dika," terang Ali Sudin. Dia baru tahu ternyata Djoko Susilo yang dimaksud adalah 'Mas Dika', suami Mahdiana.


Sementara itu saat dikonfirmasi, terdakwa Djoko Susilo tidak membantah panggilan 'Mas Dika'. Mantan Gubernur Akademi Kepolisian itu mengaku punya panggilan di lingkungan keluarga. "Benar di keluarga nama panggilan saya Dika," ujar Djoko. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya