KPK: Kami Sita Dokumen BI Sebanyak Tiga Mobil

Penyidik KPK membawa berkas saat penggeledahan di Gedung BI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVAnews – Komisi Pemberantasan Korupsi mengambil dokumen cukup banyak dalam penggeledahan di kantor Bank Indonesia, Jakarta, Selasa 25 Juni 2013. Semua itu demi mencari titik terang penyelesaian kasus dana talangan Bank Century.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

“Dari informasi penyidik, tiga mobil Innova (yang dibawa KPK) hampir penuh terisi dokumen, baik hard copy maupun software,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Ia belum mengetahui apa saja isi dokumen yang disita penyidik KPK dari BI itu, namun yakin dokumen-dokumen itu akan memberikan informasi yang lebih lengkap untuk proses penyidikan.

Bambang mengatakan, saat dilakukan penggeledahan di kantor BI, Gubernur BI Agus Martowardojo dan jajarannya sangat kooperatif dengan KPK. “Sehingga prosesnya jadi lebih cepat. Walaupun penggeledahan berlangsung 20 jam, itu sudah termasuk cepat sehingga kami juga harus apresiasi teman-teman di BI,” kata dia.

Bambang membantah proses penyidikan Bank Century dinilai lambat, sebab sejak awal KPK sudah memiliki banyak dokumen terkait kasus itu. “Sebagian dokuemn itu dari teman-teman DPR, ada juga yang dari BPK. Proses penyidikan sudah sesuai dengan jadwal pemeriksaan dan perkembangan kita,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua KPK Abraham Samad mengatakan penggeledahan gedung BI adalah kunci untuk membuka tabir keterlibatan dalam kasus Century.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

“Penggeledahan itu adalah salah satu bukti bahwa KPK serius menangani kasus Century. Dari penggeledahan dan hasil pemeriksaan tersangka Budi Mulya, barulah KPK dapat menyimpulkan apakah ada keterlibatan Gubernur BI (waktu itu) atau tidak,” kata Samad. (umi)

Dak Galbi

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Asia, dengan kekayaan budaya dan ragam kuliner yang mengagumkan, merupakan destinasi impian bagi banyak pelancong. Namun, ada negara yang tidak ramah vegetarian.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024