Munarman FPI Siram Sosiolog UI di Acara Live, Ini Kata KPI

Munarman dan Luthfie Hakim
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews – Pihak tvOne langsung berkoordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) usai insiden penyiraman air oleh narasumbernya, Juru Bicara FPI Munarman, kepada narasumber lainnya, sosiolog UI Tamrin Amal Tomagola, dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi, Jumat 28 Juni 2013, yang disiarkan secara langsung (live) dari Wisma Nusantara, Jakarta.

“tvOne sudah telepon. Ini pelajaran, tayangan live lebih berisiko,” kata Wakil Ketua KPI, Ezki Tri Rezeki Widianti, kepada VIVAnews. Pada acara live, kriteria pemilihan narasumber harus lebih jelas. “Jangan mengedepankan sensasi dalam memilih narsum,” ujar Ezki.

Pemilihan narasumber harus ditekankan pada informasi dan pengetahuan apa yang didapat publik dari narasumber yang bersangkutan. “Sebetulnya banyak tokoh ormas lain yang lebih santun dan memberi informasi lebih baik yang bisa diwawancara,” kata Ezki.

Namun, ia menilai tvOne sudah melakukan tahapan sesuai prosedur usai insiden tersebut. “Presenter mengatakan langsung (kepada Munarman) bahwa ini (penyiraman) tidak boleh terjadi karena tidak baik dan langsung meminta kamera dimatikan,” ujar Ezki.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Selanjutnya berselang lima detik, acara langsung diselingi oleh iklan.
tvOne sendiri menyesalkan ulah Munarman yang menyiram Tamrin dengan air minum.

“Kami ingatkan kepada dia bahwa acara ini disiarkan secara luas. Kami harap narasumber dalam posisi menghormati satu sama lain dan bisa mengendalikan emosi, sehingga tidak sampai menimbulkan tindakan yang kurang enak dan bisa merugikan orang lain,” kata General Manager News and Sport tvOne, Totok Suryanto.

Insiden penyiraman itu terjadi ketika Munarman dan Tamrin tengah berdiskusi mengenai pernyataan polisi yang mengatakan akan memberi sanksi ormas yang melakukan sweeping tempat hiburan malam selama Ramadan. Saat Munarman berbicara, Thamrin menyela dan Munarman langsung naik pitam.

“Anda diam. Anda diam kalau saya ngomong,” teriak Munarman ke sosiolog itu. Tak disangka, Munarman langsung mengambil gelas berisi teh di depannya dan menyiramkannya ke muka Tamrin. Kedua presenter tvOne yang mengawal acara pun kaget dan minta acara segera dihentikan. (umi)

Baca juga:

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban
Supir truk dengan inisial Ml (18), ditangkap polisi lantaran memicu kecelakaan beruntun di Gerbang Tol (GT) Halim Jakarta, Rabu 27 Maret 2024.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Menurut polisi, pengemudi truk ugal-ugalan berinisial MI (17) yang picu kecelakaan beruntun di Gerbang Tol (GT) Halim masih ngelantur saat diperiksa.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024