Gerakan Indonesia Bersih: Laporkan Munarman ke Polisi

Munarman siram Tamrin Tomagola
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Koordinator Gerakan Indonesia Bersih, Adhie Massardi, angkat bicara terkait insiden penyiraman air teh oleh Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) terhadap sosiolog Universitas Indonesia, Tamrin Amal Tomagola.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Peristiwa itu terjadi dalam siaran langsung program Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Jumat, 28 Juni 2013. [Lihat videonya ]

Menurut Adhie, Munarman adalah sosok yang temperamental dan mudah marah. "Kawan saya Munarwan orangnya emosional, sepertinya kehabisan akal bagaimana memahami perbedaan pendapat," kata Adhie.

Dia menilai insiden tersebut merupakan akibat dari pemahaman demokrasi yang salah sehingga orang-orang emosial seperti Munarwan memiliki kesempatan 'bebas' untuk melakukan perbuatan yang tidak terpuji.

Ia pun mengimbau kepada pihak-pihak yang dirugikan, khususnya tvOne untuk menempuh jalur hukum. Menurut mantan Juru Bicara Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid, tvOne yang paling dirugikan karena acara berlangsung live dan banyak masyarakat yang menonton. Citra tvOne bisa jadi buruk akibat peristiwa itu.

"Memang harus ditempuh jalur hukum. Yang harus merespon penyelenggara, karena yang paling dirugikan penyelenggara. Kalau dibiarkan akan menjadi kebiasaan," kata Adhie.

Untuk menghindari kejadian yang sama terulang kembali, Adhie mengusulkan agar stasiun televisi lebih selektif dan protektif dalam menggelar acara dialog publik. Materi diskusi yang berpotensi menimbulkan friksi, seperti masalah keyakinan atau konflik yang bersifat SARA, lebih baik tidak disiarkan.

"Bukan saya anti forum diskusi, tetapi ada hal yang tidak perlu diungkap tv karena dampaknya luas dan menyangkut kepentingan masyarakat banyak," tuturnya.

Wakil Pemimpin Redaksi Senior News and Sport tvOne, Totok Suryanto, menyesalkan aksi penyiraman teh yang dilakukan Munarman, terhadap Tamrin Amal Tomagola.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Usai acara, tvOne langsung berbicara dengan kedua belah pihak.
"Intinya kami ingatkan bahwa acara ini disiarkan secara luas. Kami harap narasumber bisa dalam posisi menghormati satu sama lain dan mengendalikan emosi, sehingga tidak sampai menimbulkan tindakan yang kurang enak dan bisa merugikan orang lain," ujar Totok kepada VIVAnews. [Baca selengkapnya ]

Terkait soal ini, sebelumnya bila Tamrin hendak memperpanjang masalah ini ke ranah hukum. "Silakan saja ambil langkah hukum, silakan dia mau menuntut ke mana saja. Memangnya saya takut masuk penjara?" kata Munarman.

Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024