Tuntut Pemekaran Wilayah, Warga Blokir Pelabuhan Pato Tano NTB

demo warga tutup jalan cakung cilincing
Sumber :
  • ANTARA/Ujang Zaelani

VIVAnews - Ratusan warga memblokir jalan masuk Pelabuhan Penyeberagan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk menuntut percepatan pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa. Akibat aksi massa ini aktivitas penyeberangan dari dan menuju Pulau Sumbawa terhambat.

Kapolda NTB, Brigadir Jenderal Mochammad Iriawan mengatakan, aksi pemblokiran ini akan dibubarkan paksa karena menganggu kepentingan umum. Personel Polda NTB yang semula akan mengikuti upacara peringatan ke 67 Hari Bhayangkara dikirim untuk membantu Polres Sumbawa untuk mengatasi aksi ini.

"Saya kirim pasukan dalam jumlah yang cukup banyak ke sana. Kita akan mengatasi masalah itu," kata Iriawan di Mataram, Senin, 1 Juli 2013.

Dari pantuan VIVAnews, jumlah massa yang melakukan aksi unjuk rasa terus bertambah. Ratusan warga lain melakukan longmarch menuju Pelabuhan Poto Tano. Namun aksi ini dihadang personel Brimob Polda NTB dan Polres Sumbawa di Pertigaan Kemutar Telu.

Penjagaan dilakukan secara berlampis, ratusan personel polisi gabungan berada sekitar 500 meter dari pelabuhan, kemudian penjagaan dilakukan lagi sekitar 300 meter sebelum pelabuhan. Sementara pengamanan paling akhir dilakukan petugas di pintu gerbang pelabuhan.

Seperti diketahui, Pelabuhan Poto Tano merupakan pelabuhan yang berada di ujung barat Pulau Sumbawa. Pelabuhan ini terhubung dengan Pelabuhan Kayangan di bagian timur Pulau Lombok. Ada sekitar 16 kapal yang melayani penyeberangan di pelabuhan tersebut.

Disampaikan Unang koodinator umum aksi, masyarakat meminta pemerintah pusat dan DPR RI untuk segera menetapkan Provinsi Pulau Sumbawa dalam daftar daerah otonomi baru.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Anggota DPR RI asal Pulau Sumbawa diminta ikut aktif membantu berupa tenaga, ide dan materi dalam perjuangan pembetukan Provinsi Pulau Sumbawa. Masyarakat juga meminta pengurus Komite Pembetukan Provinsi Pulau Sumbawa segera dibubarkan karena gagal dan lamban bekerja.

"Selama 13 tahun tahun lebih masyarakat meminta pemekaran, dan seluruh persyaratat sudah dipenuhi berdasarkan PP nomor 78 tahun 2007. Karena itu kami meminta dukungan," katanya. (eh)

Laporan: Farhan Bahanan/ NTB

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan
Duel AS Roma vs AC Milan

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

AS Roma berhasil menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024