Beli 2 Ha Tanah di Depok, Djoko Susilo Bangun Joglo

Sidang Lanjutan Djoko Susilo
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Terdakwa korupsi simulator SIM di Korlantas Polri, Irjen Djoko Susilo, pernah membeli tanah seluas dua hektare di daerah Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. 

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Dalam sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa 2 Juli 2013, terungkap bahwa tanah-tanah tersebut dibuat menjadi 10 akte jual beli tahun 2005.

Mantan Camat setempat, Luthfi Fauzi, mengaku ikut meneken akta jual beli tanah itu. Saat proses jual beli, dia merangkap sebagai pejabat pembuat akta tanah (PPAT) sementara.

"Luas tanah saya tidak ingat, termasuk harga. Saya juga tidak hapal satu per satu. Pembelinya atas nama Eva Handayani dan Suratmi," kata Luthfi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Penegakan Hukum Pemkot Depok.

Namun, ia membenarkan telah menandatangani sebanyak 10 akta jual beli tanah. Tanah-tanah tersebut awalnya dimiliki oleh Mustar dan Amin.

Sementara, Mustar dalam kesaksiannya di muka persidangan mengaku tahu bahwa sejumlah tanah di Leuwinanggung dibeli oleh Djoko Susilo, seorang perwira polisi. Ia diperintahkan oleh Erik, orang kepercayaan Djoko, untuk mencari tanah lainnya yang hendak dijual.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Mustar pun mengaku pernah bertemu dengan Djoko Susilo di Mapolda Metro Jaya. "Saya ketemu beliau pakai pakaian dinas polisi. Yang menyuruh ke Polda Pak Erik," tuturnya.

Segala transaksi jual beli tanah, kata Mustar, dilakukan oleh Erik. "Saya perantara saja."

Dalam sidang, jaksa penuntut umum memperlihatkan gambar-gambar rumah yang dibangun Djoko Susilo atas nama istri pertamanya, Suratmi dan Eva Susilo Handayani, di Leuwinanggung.

Rumah tersebut dibangun dengan gaya rumah joglo berukuran besar. Di dalamnya banyak pilar-pilar kayu bergaya keraton. Di depan rumah terdapat kolam air mancur besar.

Para pengunjung sidang yang menyaksikan gambar-gambar rumah tersebut sontak berdecak kagum dan berbisik-bisik.

Beberapa tanah yang dibeli Djoko Susilo antara lain tanah seluas 1.207 meter persegi di Kampung Leuwinanggung, seharga Rp106,83 juta yang kepemilikannya diatasnamakan Anang Widodo Priyanto mewakili Suratmi, istri pertama Djoko.

Kemudian, tanah kosong seluas 200 meter persegi di Kampung Leuwinanggung, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Propinsi Jawa Barat seharga Rp 12,8 juta yang kepemilikannya diatasnamakan Anang Widodo Priyanto mewakili Suratmi.

Tanah seluas 441 meter persegi di di Kampung Leuwinanggung, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Propinsi Jawa Barat seharga Rp 28,24 juta yang kepemilikannya diatasnamakan Anang Widodo Priyanto mewakili Suratmi

Tanah seluas 441 meter persegi di Kampung Leuwinanggung, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Propinsi Jawa Barat seharga Rp 41,92 juta yang kepemilikannya diatasnamakan Anang Widodo Priyanto mewakili Suratmi.

Tanah kosong seluas 400 meter persegi di Kampung Leuwinanggung, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Propinsi Jawa Barat seharga Rp 25,6 juta yang kepemilikannya diatasnamakan Anang Widodo Priyanto mewakili Suratmi.

Tanah kosong seluas 900 meter persegi di Kampung Leuwinanggung RT 01/08 Kelurahan Leuwinanggung Kecamatan Cimanggis Kota Depok Propinsi Jawa Barat seharga Rp 57,6 juta yang kepemilikannya diatasnamakan Anang Widodo Priyanto mewakili Suratmi.

Tanas seluas 500 meter persegi di Jalan Kampung Leuwinanggung Parigi Kelurahan Leuwinanggung Kecamatan Cimanggis Kota Depok Propinsi Jawa Barat seharga Rp 32 juta yang kepemilikannya diatasnamakan Anang Widodo Priyanto mewakili Suratmi.

Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024