Gempa 6,2 SR Landa Aceh, 7 Warga Tewas

Gempa Aceh, Selasa 2 Juli 2013
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syahrol Riza

VIVAnews - Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter yang menggoyang Aceh, Selasa siang, 2 Juli 2013, menyebabkan tujuh warga tewas. Selain itu, ratusan rumah dan sarana jalan menuju Bener Meriah dan Aceh Tengah, rusak.

Arema FC Bakal Rotasi Pemain Saat Lawan PSM Makassar

Bupati Bener Meriah, Rusli M Saleh, juga mengungkapkan, 25 warga terluka dalam bencana tersebut dan sudah dilarikan ke rumah sakit. Dia menambahkan, ketujuh warga yang tewas ditemukan di bawah reruntuhan bangunan dan longsoran bukit.

"Yang terakhir, dua orang korban ditemukan tertimbun longsor di Desa Blang Plang, Kecamatan Suka Makmur. Satu anak dan seorang ibu," kata Rusli.

Sementara itu, kawasan terparah dilanda gempa adalah Kecamatan Timang Gajah. Di daerah itu, ratusan rumah dan bangunan publik mengalami rusak parah. "Kami masih memfokuskan proses evakuasi dan menyelamatkan para korban," katanya.

Namun, Rusli menyebutkan, malam ini proses pencarian korban terpaksa dihentikan sementara, karena kondisi medan yang sulit dilalui dan juga padamnya listrik.

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

"Besok kami lanjutkan untuk mencari korban yang diperkirakan masih terus bertambah," ujarnya.

Sebagian besar warga Bener Meriah dan Aceh Tengah mengungsi ke tempat yang dianggap aman. Mereka memanfaatkan lokasi-lokasi seperti masjid dan tanah lapang untuk menghindari reruntuhan gempa.
 
Hingga kini telah terjadi enam kali gempa susulan. Terakhir, gempa susulan terjadi dengan kekuatan 5,5 Skala Richter pada pukul 20:55 WIB. (art)

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), Sunarso dalam Paparan Kinerja Keuangan BRI Kuartal I-2024, Kamis, 25 April 2024.

BI Rate Naik Jadi 6,25 Persen, Begini Respons Dirut BRI

Dirut BRI Sunarso menilai keputusan BI menaikkan BI Rate merupakan langkah logis, sebagai salah satu cara untuk mengendalikan nilai tukar rupiah serta inflasi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024