Pemkot Solo Datangkan 2 Penyapu Jalan Asal Skotlandia

Mobil penyapu jalan
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVAnews
VIVAnews -
Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari
Pemerintah Kota Solo mendatangkan dua kendaraan road sweeper (penyapu jalan). Kendaraan buatan Skotlandia tersebut akan difungsikan untuk membersihkan sampah di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Solo.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
 
Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK
Kendaraan yang dibeli seharga Rp2,23 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah tahun 2013 itu untuk pertama kalinya menyapu di sepanjang jalan protokol, mulai dari rumah dinas wali kota Solo, Loji Gandrung hingga Bundaran Gladak Solo, Jumat pagi, 5 Juli 2013. Salah satunya dikendarai dan dioperasikan Wali Kota FX Hadi Rudyatmo.

Peristiwa ini menjadi perhatian pengguna jalan. Banyak dari mereka mengabadikan kegiatan menyapu jalan yang dilakukan kendaraan mungil berwarna hijau muda itu.

 

Setelah disapu oleh dua mesin sapu putar, sampah kemudian disedot dan ditampung di dalam bak belakang. Di ujung depan dua sapu hidrolik itu terdapat alat penyemprot air yang berfungsi untuk membasahi sampah yang akan disapu.

 

Setiap jalan yang dilalui kendaraan itu langsung disulap menjadi bersih. Sampah-sampah yang sebelumnya berserakan langsung hilang tersedot mesin
vacum road sweeper
.

 

"Kendaraan penyapu itu digunakan untuk mem
-back up
para petugas penyapu jalan yang setiap harinya bertugas menyapu di sepanjang Jalan Slamet Riyadi," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo, Hasta Gunawan.

 

Dia menegaskan, keberadaan kendaraan tersebut bukan untuk menggantikan tenaga manusia tetapi untuk membantu petugas kebersihan menyapu jalan karena volume sampah yang meningkat.


Kata Hasta, kapasitas bak penampung sampah pada kendaraan itu sekitar 1 kubik. Bak air untuk penyemprotan sampah di jalan kapasitasnya sekitar 145 liter. "Kendaraan ini akan dioperasikan untuk menyapu sekitar pukul 05.00 WIB disaat lalu lintas jalan belum padat," ucapnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya