SBY Perintahkan Kapolda Riau Tuntaskan Kasus Pembakar Hutan

Ilustrasi pembakaran lahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro
VIVAnews -
Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Sukses Bekuk Australia
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan Kapolda Riau Brigadir Jenderal Polisi Condro Kirono, segera mengusut tuntas kasus kebakaran hutan di Riau.

Abeliano Menyemangati Hati dengan Lagu Terbaru, Hoping You'll Be Mine

Dalam
Alasan Farrel Hilal Memilih Jakarta Selatan sebagai Inspirasi Lagu Debutnya
video conference yang dilakukan di Istana Bogor, Jumat 5 Juli 2013, SBY menanyakan hasil penyelidikan kasus kebakaran hutan tersebut kepada Kapolda Riau.


"Kondisi keamanan di Kepulauan Riau saat ini sudah berangsur aman. Dilaporkan penanggulangan keamanan pasca kebakaran hutan masih kondusif, di mana akibat bencana asap dua orang meninggal dunia dan satu truk terbakar," kata Condro Kirono.


Ia pun mengatakan, saat ini Satuan Tugas Hukum Polri telah melakukan proses penyelidikan terhadap 12 kasus kebakaran hutan di Riau. Dari hasil penyelidikan tersebut, Cokro mengatakan telah menetapkan 24 orang tersangka yang bertanggung jawab untuk kasus kebakaran hutan ini.


"Dari 24 orang tersebut adalah pelaku-pelaku lapangan dan orang, pengusaha perorangan, untuk memperluas lahan yang dimiliki saat ini," ungkapnya.


Selain menetapkan 24 orang sebagai tersangka, Cokro mengatakan, saat ini Polda Riau yang dibantu oleh Mabes Polri juga telah memeriksa 14 orang saksi yang diduga terlibat dalam kebakaran hutan tersebut.


Setelah mendengar dengan seksama laporan itu, SBY kemudian meminta kepada Condro untuk segera menuntaskan kasus tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku. Sebab, akibat peristiwa tersebut Indonesia telah dirugikan.


"Yang penting hukum ditegakkan seadil-adilnya. Semua dibuat susah, rakyat kena, pesawat udara tidak bisa beroperasi," tuturnya.


Sebelumnya, SBY juga melakukan
video conference
dengan Bupati Bener Meriah, Aceh, terkait bencana gempa bumi yang melanda negeri serambi Mekkah itu. Rencananya, Senin pekan depan SBY akan berkunjung ke Aceh untuk bertemu dengan para korban gempa. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya