Puasa Hari Ini, Tarekat Saman Hitung Ramadan dari Bulan Purnama

Petugas melihat hilal di Pantai Ambat, Pamekasan, Madura.
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Jamaah kecil Tarekat Saman di Kota Padang, Sumatera Barat memulai puasa, hari ini, 8 Juli 2013. Padahal, Pemerintah baru akan menggelar sidang isbat sore nanti.

Tarekat ini dipimpin oleh Buya Safar. Kepada VIVAnews, Buya Safar menjelaskan bahwa penentuan 1 Ramadan dia lakukan dengan melihat bulan purnama pada bulan Syaban.

"Kami menghitung 15 hari setelah bulan purnama pada bulan Syaban. Ketika itulah jatuhnya 1 Ramadhan," jelasnya. Menurutnya, pada kalender Hijriah, 1 Ramadan juga jatuh pada hari ini.

Tak dalami aliran
Meski jadi pimpinan tarekat, Buya Safar mengaku tak terlalu mendalami aliran tersebut. Dia mengaku hanya mengikuti metode yang dipakai orangtuanya dulu.

Buya Safar pun mengakui, tak banyak orang tahu mengenai sejarah perkembangan Tarekat Saman. Apalagi kini, pengikut tarekat ini hanya berjumlah 15 orang di Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Sebagian besar pengikut aliran ini pun berusia lanjut, di atas 40 tahun. Bahkan, kalau Buya Safar tidak hadir di Surau Cerobong, jamaahnya tidak jadi salat.

Meski begitu, Buya Safar mengaku sangat menghargai perbedaan. Dia memaklumi orang lain yang puasa mengikuti pemerintah atau aliran tertentu.

"Anak saya saja ikut Muhammadiyah. Kami tidak bisa memaksa orang lain, karena ini soal keyakinan," tambah Safar.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024