Jumhur: 203 ABK Terbengkalai Akibat Kesalahan Negara

Perahu Nelayan Berharga Satu Milliar
Sumber :
  • ANTARA/Seno. S

VIVANews - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat mengakui, terbengkalainya anak buah kapal (ABK) di kapal milik perusahaan Taiwan, Kwo-Jeng Trading, akibat kesalahan negara.

Ditemui di kantornya, Selasa 9 Juli 2013, Jumhur mengungkapkan, Indonesia belum memiliki peraturan soal ABK dan pekerja kapal sejak 1950-an. Akibatnya, banyak ABK yang terbengkalai dan tidak menerima hak.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

"Hingga saat ini, ada 50 ribu lebih WNI yang bekerja di kapal laut sebagai ABK. orang yang terlantar di Trinidad ini di antaranya," katanya.

Menurutnya, kesimpangsiuran peraturan di Tanah Air ini membuat para ABK sulit memperjuangkan hak-hak mereka. Meski para ABK mengantongi sejumlah dokumen resmi seperti paspor laut dan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN), namun mereka tidak memiliki izin yang dikeluarkan Balai Latihan Kerja (BLK). "Meski begitu, kami akan tetap bantu mereka," kata Jumhur.

BNP2TKI kejar perusahaan
Dari data BNP2TKI diketahui, diberangkatkan oleh PT Karltigo sebagai pekerja mandiri. "Kami masih pelajari lagi, soalnya direktur utamanya sudah ditahan Mabes Polri dalam kasus human trafficking," katanya.

Sore ini, BNP2TKI memberangkatkan tim yang didampingi polisi untuk memeriksa perusahaan yang memberangkatkan para ABK. Sebab, kata Jumhur, pihaknya mendapat kabar perusahaan itu masih beroperasi meski bosnya ada di balik bui. "Harusnya tutup. Kami mau minta perwakilan perusahaan buat datang dan menjembatani," katanya.

Selain itu Jumhur langsung meminta perwakilan BNP2TKI di Taiwan mengecek perusahaan ini. "Harus jelas kenapa dia bangkrut. Asetnya kan bisa dilelang buat gaji. Buat para ABK ini saja, tunggakan mereka sekitar Rp8 miliar," katanya. (eh)

Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah
Chicco Jerikho

Sempat Berhadapan dengan Maut, Chicco Jerikho Akui Jadi Semakin Dekat dengan Tuhan

Sempat mengalami sesak nafas, hingga tak bisa sadarkan diri. Chicco Jerikho mengaku saat itu sudah seperti berada di ambang kematian.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024