Menteri Agama: Kerukunan Agama di Indonesia Terbaik di Dunia

Pelantikan Presiden : Suryadharma Ali
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro
VIVAnews
Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli
- Menteri Agama, Suryadharma Ali, mengklaim bahwa Indonesia adalah bangsa yang memiliki kerukunan umat beragama terbaik di dunia. Sebab, pemerintah memberikan hari khusus untuk hari besar semua agama di Indonesia.

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

"Nah, sekarang tunjukkan kepada saya negara mana yang seperti itu. Amerika sekalipun (tidak ada). Inilah yang terbaik," kata Suryadharma di kediamannya, Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Selasa 16 Juli 2013.
Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode


Suryadharma mencontohkan, hari besar umat Islam yaitu Hari Raya Idul Fitri dinyatakan sebagai hari libur nasional. Begitupun Hari Raya Natal yang diperingati umat Kristen dan Katolik juga dinyatakan sebagai hari libur nasional. Hari besar bagi umat Hindu dan Budha pun demikian. Bahkan, Hari Raya Imlek kini juga dinyatakan sebagai hari libur nasional.


Namun, Suryadharma juga tak menampik bahwa memang masih ada berbagai konflik agama di Indonesia. Tapi, konflik itu dinilainya hal yang wajar.


"Itu (konflik) wajar. Kenapa? Karena fitrah manusia, diciptakan Allah termasuk di dalamnya ada sifat amarah. Sifat amarah diatur oleh agama. Hai, orang beriman, jangan cepat marah. Diatur juga oleh undang-undang. Tunjukkan di mana yang tidak ada konflik. Konflik itu wajar selama manusia dilengkapi sifat amarah," ujar dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya