Tragedi Tinju Berdarah, Polisi Periksa Bupati Nabire

Petugas berjaga di depan GOR Kota Lama Nabire.
Sumber :
  • ANTARA/Dian Kandipi
VIVAnews
CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi
– Kepolisian Daerah Papua meminta keterangan dari Bupati Kabupaten Nabire Isaias Douw terkait kerusuhan pada pertandingan tinju amatir memperebutkan Piala Bupati Nabire di GOR Kota Lama Nabire yang menewaskan 18 orang dan melukai 30 lainnya.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

“Penyidik kami sudah meminta keterangan Bupati terkait insiden di GOR Kota Lama, namun statusnya masih sebatas saksi,” kata Kapolda Papua Irjen Pol. Tito Karnavian.
Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut


Kapolda mengatakan saat ini pihaknya sudah memeriksa sekitar 20 orang sebagai saksi, dan 15 orang di antaranya sudah dilengkapi berita acara. “Kami fokus memeriksa panitia penyelenggara pertandingan tinju tersebut,” ujar Tito.


Menurutnya, penyidik lebih fokus mengaudit keamanan pertandingan. “Kami audit sejauh mana kesiapan pengamanan pertandingan,” ujar Tito.


Kepolisian mengatakan situasi di Nabire kini telah kondusif. Polisi bersama Pemda setempat telah bertemu sejumlah tokoh untuk mengantisipasi situasi di sana.


Sementara itu, hari ini sejumlah masyarakat Papua yang tergabung dalam Forum Kemanusiaan Tragedi GOR Nabire mendatangi kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia di Jakarta Pusat untuk meminta Komnas HAM menginvestigasi kerusuhan di GOR Nabire itu.


“Kami minta kepada Komnas HAM untuk melakukan investigasi secara independen atas peristiwa itu. Kami minta hasil investigasi dipublikasikan secara umum,” kata Koordinator Forum, Elias Ramos Pege. Ia menilai ada kelalaian dari setidaknya tiga institusi negara dalam kasus tersebut, yaitu kepolisian, Bupati Nabire, dan panitia penyelenggara.


Bupati Nabire dinilai juga kurang waspada. Elias mempertanyakan sikap Bupati yang tidak memerintahkan Kapolres untuk melakukan pengawasan. “Lalu tanpa mempertimbangkan kapasitas ruang GOR itu, Bupati mengizinkan penonton yang ada di luar untuk masuk,” ujar Elias.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya