VIDEO: SBY Janjikan Umat Syiah Kembali ke Sampang

Pengungsi Syiah Sampang Direlokasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dwi Agus Setiawan
VIVAnews - Setelah diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kediamannya di Cikeas, Bogor, pada Minggu 14 Juli 2013, nasib warga Syiah Sampang menemukan titik terang. Presiden menjanjikan bahwa umat Syiah yang mengungsi di Rusun Puspo Agro bisa pulang dan berlebaran di Sampang.
Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

"Bapak Presiden menerima kita dan bisa memulangkan kita ke kampung halaman kita sendiri di Sampang. Kepada Bapak Presiden, kita minta dipulangkan sebelum Hari Raya Lebaran. Dan Bapak Presiden bilang siap," ujar Muhammad Rosyid, warga Syiah Sampang.
Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Warga Syiah yakin dapat hidup rukun berdampingan dengan warga lainnya karena mereka memang ingin hidup damai. Apalagi mereka sudah tinggal di sana 20 tahun dengan warga lainnya. Bahkan sudah terjadi kawin campur di antara mereka.
Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients


Sebelumnya, sebanyak 10 perwakilan warga Syiah Sampang bersepeda ontel ke Jakarta untuk memperjuangkan nasib mereka. Mereka kemudian diterima Presiden SBY di kediamannya di Cikeas untuk membahas nasib para warga Syiah Sampang yang terusir dari kampung halamannya akibat konflik intoleransi beragama.

Akibat konflik tersebut, sebanyak 170 orang atau 69 Kepala Keluarga terpaksa mengungsi ke rumah susun Puspa Agro di Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka sebelumnya diungsikan di Gelanggang Olah Raga Sampang. Namun, sejak beberapa minggu lalu dipindak ke rusun karena GOR akan digunakan untuk keperluan lain. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya