Jelang ISG, Alquran Kayu Terbesar Direnovasi

Alquran terbesar di dunia sedang direnovasi
Sumber :
  • Aji Jun Putra/VIVAnews
VIVAnews -
Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut
Menjelang pelaksanaan
Islamic Solidarity Games
Nyamuk Wolbachia Melawan DBD! Menkes Ungkap 5 Wilayah di Jawa yang Sudah Terbebas
(ISG) 22 September hingga 1 Oktober 2013 mendatang, Alquran pahatan kayu terbesar di dunia yang berada di Jalan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan, direnovasi.
Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Peremajaan Alquran pahatan kayu terbesar di dunia ini untuk menyambut Pekan Olahraga Negara Islam sedunia.

Asri, instruktur pengelola Alquran pahatan kayu terbesar di dunia, Kamis 17 Juli 2013 mengatakan, peremajaan Alquran sudah dilakukan sejak dua pekan lalu dan diperkirakan selesai sebelum Idul Adha.


"Kami lakukan pengecatan ulang di seluruhnya. Selain itu atap penyangga juga akan di tambahkan sedikit," kata Asri.


Empat pekerja melakukan pengecatan dan dua orang lainnya melakukan pemasangan atap penyangga Alquran.


"Semua pekerja pegawai sini. Ini merupakan rehab yang pertama kali sejak Alquran ini diresmikan Presiden SBY pada 2012 lalu," kata Asri.


Sementara itu, Jilly (28 tahun), pekerja bagian pengecatan Alquran mengaku, dalam satu hari bisa mengerjakan empat lembar ayat Alquran. Para pekerja bagian pengecatan mulai pekerjaan sejak pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.


Bagian tersulit dalam pengerjaan, kata Jilly, adalah pengamplasan bagian sisi Alquran yang terbuat dari kayu tebal.


"Harus diamplas sampai tiga kali berulang-ulang, setelah itu diplitur dan baru di cat. Memang pengerjaannya memakan waktu agak lama," katanya.


Jilly bersama tiga temannya yang lain mengaku senang bisa mengerjakan Alquran terbesar di dunia. "Kan ini ayat Allah. Kami merasa bangga bisa merawat dan memperbaikinya agar terlihat lebih bagus," tuturnya.


Alquran 30 juz dengan ukiran kayu itu dibuat selama sembilan tahun oleh para santri dan pengajar Pondok Pesantren Modern Indo Global Mandiri (IGM), Gandus, Palembang, Sumatera Selatan.


Alquran ini dibuat dengan biaya Rp2 miliar. Alquran itu dibuat atas inisiatif tokoh muda Islam, Syofwatillah Mozaib.


Alquran raksasa dengan 630 halaman ini terbuat dari ukiran kayu trembesi. Ketebalan Alquran mencapai 9 meter dengan ukuran halaman 177 x 140 x 2,5 cm. Sebanyak 40 meter kubik kayu trembesi dihabiskan untuk membuat Alquran raksasa ini.


Kini, Alquran fenomenal itu disimpan di Pesantren Al Ikhsaniyah di Gandus, Palembang. Alquran yang proses pemahatannya berlangsung pada 2003 sampai 2008 itu sebelumnya sempat dipamerkan dan disimpan di Masid Agung Palembang. [Lihat foto-fotonya ]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya