Waduk Jebol, Separuh Desa di Maluku Tengah Rata dengan Tanah

Waduk Way Ela di Pulau Ambon yang terbentuk karena gunung runtuh
Sumber :
  • Antara/ Jimmy Ayal

VIVAnews - Dam alami Way Ela di Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, akhirnya jebol pada pukul 13.00 WIT, Kamis 25 Juli 2013. Setengah isi Desa Negeri Lima porak-poranda, beberapa rumah di wilayah itu bahkan hanyut sampai laut.

Belum ada laporan korban jiwa, namun dari informasi sementara yang dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, 8 orang mengalami luka berat dan 24 orang mengalami luka ringan. Kerugian material sendiri mencapai miliaran rupiah, karena separuh desa berpenduduk  5.227 jiwa itu sudah rata dengan tanah.

Untuk diketahui, sebelum waduk dengan volume air 87 juta m3 itu jebol, pemerintah desa dan pemerintah Kabupaten Maluku Tengah bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah telah mengeluarkan seluruh penduduk dari Desa Negeri Lima dan diamankan ke dua tempat pengungsian yang telah disiapkan beberapa hari sebelumnya.

Langkah yang diambil oleh pemerintah desa dengan tujuan untuk menghindari korban jiwa jika kemudian waduk yang terbentuk akibat longsor itu jebol. Sebab dalam seminggu terakhir, hujan terus mengguyur pulau Ambon, debit air dari hari ke hari juga terus mengalami kenaikan.

"Sekitar pukul 17.00 WIT  kemarin sore, pemerintah Desa Negeri Lima Kecamatan Leihitu bersama Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku akhirnya mengungsikan 5.227 jiwa dari kawasan rawan bencana Dam Way Ela Kecamatan Leihitu.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Masyarakat diungsikan ke dua titik berbeda, sebelah timur desa dan barat desa, jarak antara satu titik dengan desa mencapai 500 meter. Diungsikannya warga Negeri Lima karena, status Dam Way Ela naik dari status waspada ke status awas," ujar  Penjabat Kepala Desa Negeri Lima Surahman Pasihatu.

Dam ini terbentuk secara alami setelah terjadi longsor pada Juli 2012 lalu. Longsor ini menutup aliran sebuah sungai sehingga membendung air sampai jutaan meter kubik. (ren)

Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024