Skandal LP Cipinang, Gembong Narkoba Freddy Diasingkan

Vanny Rossyane
Sumber :
VIVAnews - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin menegaskan, terpidana mati kasus narkoba Freddy Budiman diasingkan. Ini merupakan tindak lanjut dari skandal di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Cipinang.

Diberitakan sebelumnya, skandal ini diungkap kekasih Freddy yang mengaku kerap berhubungan seks dan memakai sabu-sabu jika mengunjungi Freddy di lapas tersebut.

"Saya minta dia (Freddy) diasingkan sejauh mungkin. Kalau bisa di tempat-tempat yang tingkat pengawasannya maksimal," kata Amir di Istana Negara, Jumat 26 Juli 2013.

Selain hukuman disiplin, imbuhnya, proses hukum terhadap gembong narkoba jaringan internasional itu juga tetap akan diproses. "Tidak akan tertutup ada tindakan disiplin bagi warga binaan itu. Proses hukum juga tidak terputus," tukasnya.

Sementara itu, mengenai pencopotan Kepala Lapas Narkotika Cipinang Thurman Hutapea, Amir yakin sudah melakukan hal tepat. Inspektorat Jenderal Kemenkum HAM menemukan indikasi kuat penyimpangan yang dilakukan Thurman. "Tidak ada alasan untuk ragu mengambil langkah dan tindakan jika ada petunjuk kuat," jelasnya.

Dia pun mempersilakan Thurman menempuh jalur hukum jika keberatan dengan pencopotan dirinya. "Saya mengambil langkah itu bukan tanpa mempertimbangkan berbagai hal. Jadi semua itu sudah diperhitungkan matang-matang," tegasnya. (umi)
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia
YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

YouTube meluncurkan sebuah serial dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini” yang menyoroti lima kreator YouTube dari latar belakang yang berbeda-beda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024