Hari Kedua Operasi, Kualanamu Jadi Tempat Wisata

Bandara Kualanamu
Sumber :
  • VIVAnews/H Saragih
VIVAnews
8 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Dunia
-  Kualanamu International Airport (KNIA) di Deli Serdang, Sumatera Utara memikat perhatian banyak orang. Termasuk warga Sumut yang penasaran dengan bandara berkelas dunia itu. Hal itu seperti terlihat pada hari kedua beroperasinya bandara baru ini, Jumat, 26 Juli 2013.

PBNU Harap Amicus Cuarie Diajukan Megawati Tak Munculkan Kontroversi Berkelanjutan

Tak heran, banyak warga Medan yang berbondong-bondong mendatangi KNIA hanya sekadar melihat-lihat kecanggihan bandara modern ini. Sulit membedakan mereka dengan calon penumpang pesawat.
Sosok Ernando Ari 'Tembok Kokoh' Timnas Indonesia, Bikin Australia Gigit Jari


"Cuma mau lihat-lihat saja, dalam berita-berita ini bandara canggih dan terbesar di Asia Tenggara. Makanya penasaran ingin melihat langsung," kata Bella, warga Medan.


Pantauan
VIVAnews
, KNIA seperti tempat wisata baru bagi warga. Mereka seperti tidak kelelahan mengelilingi KNIA berjalan kaki melihat fasilitas yang ada, menonton, dan mengabadikan pesawat yang lepas landas serta mendarat. Selain itu, banyak dari mereka yang berpasang-pasangan beradu mesra di bandara pengganti Polonia ini.


"Besar kali, puluhan kali lipat dari Bandara Polonia. Dan yang berkesan itu, akses ke sini juga gampang, ada pilihan transportasinya. Tapi, aku lebih suka naik kereta api dari Medan cuma 30 menit walaupun ongkosnya mahal," kata Frans yang datang bersama pacarnya.


Petugas keamanan juga sepertinya mengizinkan warga menjadikan KNIA sebagai tempat piknik baru. Belum ada peraturan ketat, maklum bandara ini baru saja diresmikan beroperasi. Selain itu, pelayanan belum diberikan maksimal, lantaran masih ada beberapa item pekerjaan yang masih dalam tahap penyelesaian.


Meski demikian, masih banyak yang kurang dari bandara canggih yang disebut-sebut mengalahkan Changi, Singapura ini. Di antaranya, posko keamanannya memprihatinkan. Di situ, saat ini baru terdapat satu bank dan satu ATM. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya