Freddy Budiman Dipindah ke Nusakambangan

ilustrasi-Penjara
Sumber :
  • writetoreel.com

VIVAnews - Gembong narkoba jaringan internasional, Freddy Budiman, yang diduga mendapat perlakuan istimewa di dalam tahanan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Narkotika Cipinang, dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Cilacap, Jawa Tengah.

"Benar kami sudah pindah pukul 24.05 WIB. Pemindahan ke Lapas Nusakambangan," kata Kepala Sub Direktorat Komunikasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Akbar Hadi VIVAnews, Selasa, 30 Juli 2013.

Disampaikan Akbar, pemindahan dilakukan dengan pengawalan petugas dari Kepolisian dan lapas. Sekitar pukul 08.00 WIB, Freddy diperkirakan sudah sampai di Nusakambangan.

Saat ditanyai mengenai apakah pemindahan ini karena perlakuan istimewa yang diberikan kepada gembong narkoba itu di Cipinang, Akbar tak bersedia menjelaskan. Menurutnya, pemindahan atau pengasingan ini dilakukan karena putusan pimpinan. "Itu sudah sesuai keputusan menteri. Diasingkan dan dipindahkan," katanya.

Sebelumnya, Akbar Hadi menyampaikan bahwa foto yang ditunjukkan model majalah pria dewasa, Vanny Rossyane, bukan merupakan foto ruang kerja Kepala Lapas Narkotika Cipinang.

Di beberapa media massa, Vanny menunjukkan foto ruang kalapas sebagai tempat di mana dia dan gembong narkoba Freddy Budiman berhubungan seks dan pesta sabu. Menurutnya, apa yang disampaikan Vanny tidak benar. Ruang kerja Kalapas, imbuhnya, ada di Gedung 1, sementara Pintu Portir ada di Gedung 2.

Advokat Arif Edison Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Tanggapan Jhon LBF dan Machi Achmad.

Penjelasan Akbar ini sama dengan keterangan Thurman Hutapea, mantan kalapas yang dicopot setelah pengakuan Vanny di media massa. Saat dikonfrontir dengan Vanny, Thurman menjelaskan bahwa ruang kerjanya ada di gedung 1.

Thurman jadi korban? "Kami masih harus menunggu proses pemeriksaan dari tim Inspektorat Jenderal," kata Akbar.

Thurman, kata Akbar, sementara ditarik ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Selain dia, ada tiga anak buah Thurman yang ikut kena getah skandal yang diungkap Vanny.  "Tiga pejabat di Lapas Cipinang juga ditarik ke Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta," ujar Akbar.

Freddy sebelumnya divonis mati oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat karena terbukti mengatur peredaran ekstasi sebanyak 1.412.476 butir dari balik bui, Mei 2012.

Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Wakil Presiden Maruf Amin dan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 20

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024