VIDEO: Megahnya Masjid Terapung di Teluk Ibai

Tengku Tengah Zaharah Mosque
Sumber :
  • Fotopedia.com/Jason Ho
VIVAlife - Di tengah Teluk Ibai, Terengganu, Kuala Terengganu, Malaysia berdiri sebuah masjid bernama Masjid Tengku Tengah Zaharah. Sebuah masjid putih yang mampu menampung 1.000 jamaah, dengan menara setinggi 125 meter. Oleh para pelancong, masjid ini lebih dikenal dengan sebutan masjid terapung.
Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Masjid ini dibangun atas prakarsa Sultan Mahmud Al-Muktafi Billah Shah pada tahun 1991. Nama masjidnya sendiri diambil dari nama Intan Zaharah yang merupakan nenek dari Sultan Terengganu yang sekarang, yakni Sultan Mizan Zainal Abidin.
Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Dalam pembangunannya, masjid yang berdiri di area seluas dua hektar ini   menelan biaya hingga 7juta ringgit atau sekitar Rp21 miliar. Masjid ini sebenarnya terinspirasi dari masjid sejenis yang berada di Riyadh, Arab dan Brunei. Sementara sang arsitek Raja Bahrin Shah Raja Ahmad mengadopsi gaya Timur Tengah untuk detail bangunannya.
Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Uniknya, meski berdiri di atas air, masjid terapung ini tidak pernah terkena banjir. Sebab, pembangunannya sudah disesuaikan dengan air pasang terbesar yang terjadi setiap 50 tahun sekali. Dengan menyiapkan satu pintu air yang mengatur volume air ketika pasang atau surut. Lihat videonya

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya