"BPK Janji Audit Hambalang Sebelum Lebaran"

Proyek Hambalang
Sumber :
  • VIVAnews/ Ayatullah Humaeni

VIVAnews - Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengungkapkan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan menyerahkan audit tahap II atas proyek pembangunan pusat pendidikan dan pelatihan olahraga di Hambalang, Bogor, sebelum Lebaran. Menurut politisi PDI Perjuangan itu, audit tahap II proyek Hambalang memasuki finalisasi.

"Mudah-mudahan segera disampaikan. Menurut teman-teman di BPK, sudah finalisasi untuk diserahkan ke DPR," kata Pramono sebelum menjenguk rekan separtainya, Emir Moeis di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis 1 Agustus 2013.

Dia berharap, audit tahap II itu segera diserahkan ke instansi terkait, termasuk DPR dan KPK, supaya bisa menjelaskan hal-hal yang belum terungkap.

Jika pimpinan DPR telah menerima hasil audit itu, Pramono akan meneruskan hasil itu ke komisi terkait dan juga KPK. "Supaya ditindaklanjuti," tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas mengatakan, KPK sangat membutuhkan audit itu untuk menentukan kerugian negara dalam dugaan korupsi di proyek Hambalang.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

"Pak Ketua BPK sudah menyampaikan akan bikin kejutan-kejutan. Sebetulnya sekarang nggak usah kejut-kejutan, kalau memang sudah ada, kami tunggu," kata Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas di kantornya kemarin.

Jika memang hasil audit sudah ada, KPK akan proaktif mengambil hasil itu ke kantor BPK. "Kalau misalnya hari ini sudah bisa, dia (Ketua BPK) menelpon, kami langsung ke sana. Beberapa kali ketemu kita sudah minta dipercepat," ujarnya.

Dalam kasus ini, BPK sudah menyelesaikan audit tahap I. Di tahap I, BPK menemukan dugaan kerugian negara hingga Rp243 miliar dalam proyek di Kementerian Pemuda dan Olahraga itu. Namun, audit ini belum mencakup semua pekerjaan.

Kini, BPK tengah memproses audit tahap II. Di tahap II itu, BPK mendalami aliran dana yang ditemukan pada pemeriksaan tahap I. Di antaranya, mengenai pencairan uang muka yang tidak pada posisi yang tepat. (umi)

Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) mengumumkan lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy. Harga limitnya Rp809 juta, gimana spesifikasi mobilnya?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024