Pramono Anung Jenguk Emir Moeis di Rutan Guntur

Pramono Anung dan Ketua KPK Abraham Samad.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVAnews
Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka
– Politisi PDI Perjuangan Pramono Anung mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis 1 Agustus 2013. Wakil Ketua DPR RI itu hendak menjenguk rekan separtainya, Emir Moeis.

Usai Mudik Lebaran, Pendatang Baru di Tangerang Turun hingga 50 Persen

“Saya ke sini dalam rangka menjenguk sahabat saya yang bernama Emir Moeis,” kata pria yang akrab disapa Pram ini. Menurut dia, sahabat tetaplah seorang sahabat meskipun sedang dililit masalah hukum.
Siap-siap! Sheila on 7 Gelar Konser Tunggal ‘Tunggu Aku Di’ 5 Kota Ini


“Hal yang berkaitan dengan persoalan hukum yang dihadapi seorang teman itu tanggung jawab dia. Saya hanya ingin menjenguk sahabat saya,” kata Pram.


Seperti diketahui, Emir Moeis ditetapkan sebagai tersangka pada 26 Juli 2012. Selaku penyelenggara negara, Emir diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Tarahan, Lampung, tahun 2004. “Uang yang diterima Emir diduga lebih dari US$300 ribu,” ujar Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.


Saat ditetapkan sebagai tersangka, KPK telah menggeledah 3 lokasi, yaitu di kantor Alstom Indonesia, rumah Emir Moeis di kawasan Kalibata, dan rumah Direktur PT Artha Nusantara Utama yang juga dosen Universitas Indonesia, Zuliansyah Putra, di Jagakarsa Jakarta Selatan.


“Penggeledahan merupakan tindak lanjut dari dikeluarkannya surat perintah penyidikan atas nama Emir Moeis selaku anggota DPR periode 1999-2004 dan 2004-2009,” kata Bambang. Namun ketika KPK menggeledah rumah Zuliansyah, diketahui ia telah tinggal di Jerman untuk studi sejak tahun 2009 bersama istri dan anaknya.


KPK menjerat Emir Moeis dengan Pasal 5 ayat 2, atau Pasal 12 huruf a atau b, atau Pasal 11 Undang-Undang No 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. “Penahanan dilakukan di Rutan Guntur untuk 20 hari,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi.


Ketua Bidang Hukum Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Trimedya Panjaitan, mengatakan partainya akan segera membahas pengganti Emir Moes di DPR. Untuk diketahui, Emir menjabat sebagai Ketua Komisi XI Bidang Keuangan DPR. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya