Pemudik dari Malaysia Padati Pelabuhan Batam

Pemudik Kapal Laut
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro
VIVAnews
Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter
- Arus mudik tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia mulai memadati Pelabuhan Feri Internasional Batam Centre, Jumat 3 Agustus 2013. Lonjakan TKI yang hendak merayakan lebaran ke kampung halaman sudah terjadi sejak pertengahan puasa.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Humas PT Sinergy Tharada, Riki, perusahaan pengelola Pelabuhan Batam Centre memperkirakan, arus puncak TKI dari Malaysia akan terjadi pada H-3 hingga H-2 lebaran. "Sebagian mereka adalah yang berasal dari Jawa dan Lombok," terangnya.
Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya


Pelabuhan Batam Centre merupakan pintu masuk ribuan TKI yang pulang mudik setiap tahun. Dari pelabuhan ini, para TKIĀ  melanjutkan perjalanan udara atau laut menuju kampung halaman masing-masing.


"Ada yang pulang ke kampung naik pesawat ada yang naik kapal, biasanya mereka sudah menghubungi agen wisata di Batam jauh hari sebelum lebaran," tambahnya.


Arif, karyawan agen wisata di Pelabuhan Batam Centre, mengatakan pihaknya sudah mulai kebanjiran order tiket pesawat sejak 2 bulan sebelum lebaran dari TKI yang bekerja di Malaysia.


"Mereka sudah jauh-jauh hari memesan tiket pesawat kepada kami. Sesampai di pelabuhan Batam Centre, mereka langsung mengambil tiket pesanan lalu menuju bandara untuk pulang ke kampung," kata Arif.


Pantauan VIVAnews di Pelabuhan Batam Centre, lonjakan arus mudik TKI terlihat jelas tiap kedatangan kapal feri dari Malaysia yang datang setiap satu jam. Sampai di pelabuhan mereka lantas menuju ke konter agen wisata untuk mengambil tiket pesawat tujuan mereka mudik.


"Sudah 3 tahun terakhir saya mudik lewat Batam, selain murah saya sudah kenal dengan agen wisata di sini," kata Dulah, TKI asal Sumenep Madura. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya