20 Agustus, Surat Suara Pilkada Jatim Harus Sudah Terkirim

Tiga pasang peserta Pilkada Jawa Timur
Sumber :
  • Antara/ M Risyal Hidayat
VIVAnews
Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
- Pengadaan logistik Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur dipastikan rampung dan sudah terdistribusi ke semua wilayah, seminggu sebelum pelaksanaan Pilkada Jatim, 29 Agustus 2013. Saat ini kekurangannya, hanya penyediaan kalkulator dan
template
Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana
atau surat suara tercetak huruf Braille untuk penyandang tuna netra.
100 People Still Missing in Moscow Concert Hall Attack

"Kalkulator saya targetkan usai Lebaran sudah tersedia. Jadi tidak ada masalah," ujar Komisioner Bidang Anggaran dan Logistik KPU Jawa Timur, Sayekti Suindyah, Senin 5 Agustus 2013.


Untuk template, lanjut Sayekti kemungkinan pengadaannya dengan penunjukan langsung. "Alasannya, pertama, karena soal teknis. Tak banyak yang bisa mencetak surat suara berbentuk huruf Braille. Kedua, karena jumlahnya tidak terlalu banyak," lanjutnya.


Dia menyebut, tiap TPS ada satu
template
. Jadi jumlahnya tidak terlalu banyak, sesuai jumlah TPS sekitar 71 ribu lebih.


Soal surat suara, lanjutnya, sesuai undang-undang jumlah DPT kali 2,5 persen sebagai cadangan. "Saya mendengar ada spekulasi yang menyebut cadangan hingga 11 persen. Saya tegaskan itu tidak benar," tuturnya.


Sayekti juga mengatakan, surat suara akan tiba sesuai jadwal. Untuk wilayah kepulauan Sumenep, Gresik, dan Pacitan yang dianggap daerah sulit, surat suara sudah harus tiba pada 14 Agustus 2013. Sementara untuk wilayah daratan yang relatif mudah dijangkau, surat suara akan tiba pada 20 Agustus mendatang.


Sementara, di Pilkada Jatim sebanyak 4 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dipastikan maju sebagai peserta pemilihan gubernur.


Nomor urut 1, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KaRsa) yang juga incumbent; nomor 2 pasangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihad (Eggi-Sihad); nomor urut 3 pasangan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah(BDH-Said) dan nomor urut 4, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Surjadi Sumawiredja (BeRkah). (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya