Bahan Baku Sabu di LP Cipinang Disamarkan dengan Serbuk Jamu

Penggerebekan di Lapas Narkoba Cipinang
Sumber :
VIVAnews
Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah
- Setelah dilakukan pemeriksaan secara khusus oleh Tim Puslabfor Mabes Polri, dapat dipastikan bahwa sebagian barang-barang yang ditemukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Cipinang, Jakarta Timur, adalah prekursor atau bahan pembuat narkoba jenis sabu.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

"Bisa dipastikan, setelah satu jam diperiksa, ini adalah bahan baku sabu. Bahan ini disamarkan dengan serbuk jamu. Setelah semua pemeriksaan rampung akan kami jelaskan," kata Menteri Hukum dan HAM (Kemenkumham), Amir Syamsuddin di Lapas Cipinang, Selasa malam, 6 Agustus 2013.
Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan


Saat ditanya kenapa barang-barang ini bisa masuk ke lapas dengan mudah, Amir Syamsuddin meminta waktu untuk mengungkap semuanya. Dia akan berkoordinasi dengan penegak hukum untuk mengungkap kasus ini.


"Sampai semua ini menjadi pasti, dan akan diusut oleh penegak hukum dan pihak yang berwenang. Kenapa barang-barang bisa ada di dalam lapas," katanya.


Amir Syamsuddin menambahkan, penemuan berbagai bahan yang diduga sebagai prekursor sabu ini berawal dari informasi secara lisan dari KPLP Klas I Cipinang yang ditindaklanjuti oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Lapas Narkotika Cipinang, Alisyahbana.


"Para petugas Lapas kemudian mencari barang-barang ini yang disembunyikan secara rapi," tambahnya.


Ada sekitar tujuh bungkus berisi bubuk berwarna merah, enam bungkus berisi bubuk berwarna kuning yang ditemukan petugas di Lapas Cipinang. Selain itu, petugas juga menemukan beberapa kaleng berisi cairan yang diduga merupakan residu atau sisa dari produksi sabu.


Tak hanya itu, sebuah benda yang diduga alat pencetak narkoba, satu buah dirigen berisi cairan bening, dua buah buku tabungan, lima unit handphone jenis CDMA, charger dan headset handphone, serta beberapa buah simcard juga di temukan dari tempat perbengkelan. (sj)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya