Penggerebekan di Lapas, Tiga Napi Dicurigai Pemilik Bahan Sabu

Bahan baku narkoba yang ditemukan di Lapas Narkoba Cipinang.
Sumber :
VIVAnews
Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan
- Hingga saat ini belum ada pihak atau narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Cipinang, Jakarta Timur, yang mengaku sebagai pemilik bahan baku pembuat narkoba. Namun demikian, tim gabungan yang melakukan penggerebekan di lapas itu mencurigai tiga napi di lapas itu.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

"Ada tiga napi berinisial AS, HC dan V dan yang sedang kami dalami keterlibatannya,"  kata Direktur Narkoba Mabes Polri, Brigadir Jenderal Arman Depari, di Lapas Narkotika Cipinang, Selasa malam, 6 Agustus 2013.
Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah


Arman menjelaskan, penemuan berbagai barang yang diduga kuat untuk memproduksi narkoba di dalam Lapas Narkotika Cipinang ini berawal dari setidaknya tiga pengungkapan kasus peredaran narkoba yang ditangani dalam sebulan terakhir.


Dari tiga tersangka yang dibekuk melalui kasus-kasus itu, terindikasi narkoba jenis sabu yang disita berasal dari dalam Lapas.


"Sekarang ditemukan barang yang sementara kami duga sisa bahan-bahan produksi narkoba jenis sabu," katanya.


Ditambahkan, Menteri Hukum dan HAM (Kemenkumham), Amir Syamsuddin, meskipun pihaknya bukan ahli narkotika, berbagai barang ini terindikasi merupakan prekursor narkotika. Selain disembunyikan di tempat tertentu di dalam bengkel.


"Bisa dipastkan, setelah satu jam diperiksa, ini adalah bahan baku sabu. Bahan ini disamarkan dengan serbuk jamu. Setelah semua pemeriksaan rampung akan kami jelaskan," katanya.


Ada sekitar tujuh bungkus berisi bubuk berwarna merah, enam bungkus berisi bubuk berwarna kuning. Selain itu, petugas juga menemukan beberapa kaleng berisi cairan yang diduga merupakan residu atau sisa dari produksi sabu.


Tak hanya itu, sebuah benda yang diduga alat pencetak narkoba, satu buah dirigen berisi cairan bening, dua buah buku tabungan, lima unit handphone jenis CDMA (Code Division Multiple Access), charger dan headset handphone, serta 10 simcard.


Bahan pembuat sabu itu ditemukan dari lemari kecil di sudut ruangan di tempat perbengkelan di dalam lapas. Sementara barang-barang lain, seperti handphone dan simcard ditemukan dari ruang tempat menjahit. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya