Mudik, Korban Meninggal Dunia Capai 471 Orang

Puncak arus balik
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah
VIVAnews -
Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa
Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mabes Polri) menyebutkan bahwa operasi ketupat untuk mengamankan lalu lintas selama Lebaran 2013 berhasil menurunkan tingkat kecelakaan di jalan raya hingga 22 persen.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Jumlah korban meninggal dunia juga menurun jika dibandingkan tahun lalu. Pada tahun 2013, hingga H+2 Lebarang, korban meninggal dunia akibat kecelakaan mencapai 471 orang. Di tahun 2012, jumlah korban tewas lebih tinggi 13 persen atau berjumlah 539 orang.
Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 


Penurunan juga terjadi pada korban luka berat dan ringan. Untuk korban yang mengalami luka berat akibat kecelakaan di tahun 2013 mencapai 747 orang, sedangkan luka ringan berjumlah 2.688 orang.


Dibandingkan tahun 2012 dengan periode yang sama, jumlah korban luka berat tercatat 863 orang, sementara korban luka ringan berjumlah 2.872 orang.


Disinggung soal penurunan angka kecelakaan ini, Agus sumringah menyebut bahwa operasi ketupat telah mencatat tiga indikator keberhasilan. Salah satunya adalah jumlah korban meninggal dunia yang turun.


Dalam kesempatan itu, dia juga berharap hingga akhir penyelenggaraan operasi ketupat pada tanggal 17 Agustus mendatang, tidak ada lagi peristiwa kecelakaan atau korban jiwa lainnya.


"Ingat, mulai hari Senin esok, beberapa instansi atau lembaga sudah ada yang mulai beraktivitas. Sehingga, bagi para pemudik tolong kembali ke rumah dengan hati-hati," kata dia.


Dia mengingatkan bagi para pemudik yang melewati jalur pantura menuju arah barat agar lebih hati-hati. Menurutnya, dengan struktur jalanan yang relatif mulus kerap memancing pengemudi untuk menaikkan laju kecepatan kendaraannya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya