NASIONAL

Diciptakan Laser Pendeteksi Kematian

Alat ini akan mengukur umur seseorang melalui jumlah sel di tubuh.
Senin, 12 Agustus 2013
Oleh : Mona Indriyani
Waktu kematian dapat diperediksi sejak dini.

VIVAlife - Sebuah laser yang dapat memprediksi kapan seseorang akan meninggal, berhasil ditemukan oleh para ilmuwan. Alat berteknologi canggih ini dirancang oleh seorang ilmuwan asal Inggris Aneta Stefanovska.

Laser nantinya akan diterapkan pada permukaan kulit, melalui sebuah perangkat yang bentuknya menyerupai arloji. Teknologi ini nantinya akan menghitung bagaimana kondisi tubuh seseorang mulai menurun, seiring bertambahnya usia.

Seperti disiarkan oleh ibtimes.co.uk, kondisi ini akan terlihat melalui analisis sel endotel dalam tubuh. Di mana sel-sel ini melapisi pembuluh darah terkecil dalam tubuh.

Dengan mengukur osilasi dalam sel, para ilmuwan mengklaim bahwa mereka dapat menghitung waktu kapan seseorang akan menjemput ajal. Jumlah osilasi akan dikategorikan dengan nilai 0 hingga 100. Semakin tinggi nilai dalam sel maka umur orang tersebut akan semakin panjang.

Di samping itu, laser ini juga dapat mendeteksi beberapa jenis penyakit lainnya, yaitu kanker dan dimensia. Diperkirakan perangkat laser ini akan masuk dalam dunia medis dalam jangka waktu tiga tahun ke depan.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found