VIDEO: Kronologi Bentrokan FPI dan Warga di Lamongan

Polisi mengawal massa FPI usai bentrok dengan warga.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ediyanto

VIVAnews – Massa Front Pembela Islam (FPI) bentrok dengan warga di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Senin dini hari tadi, 12 Agustus 2013. Kejadian berawal saat puluhan anggota FPI merazia (sweeping) pemukiman warga. Sweeping ini terkait peristiwa beberapa jam sebelumnya, di mana istri seorang anggota FPI dibacok warga.

Sang istri dibacok setelah warga tak berhasil mencari suaminya yang anggota FPI yang diduga terlibat penganiayaan terhadap tiga warga Desa Dengok, Kecamatan Paciran, Lamongan. Warga menduga ada sekitar sepuluh anggota FPI yang terlibat penganiayaan tersebut.

Namun pembacokan terhadap istri salah satu anggota mereka, membuat FPI balik marah. Puluhan massa FPI lalu mencari pelaku pembacokan. Mereka lantas kesal karena tak berhasil menemukan pelaku, sehingga membakar dua motor milik warga. Polisi menemukan kedua motor yang hangus itu di semak belukar sekitar 500 meter dari bibir pantai Desa Dengok, bersama drum berisi solar di dekatnya.

Warga Desa Dengok pun berang dengan ulah FPI yang main bakar-bakaran. Mereka melawan dan mendatangi Desa Gowah di Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Lamongan. Desa ini dikenal sebagai markas FPI setempat. Warga Desa Dengok kemudian merusak dua rumah di Desa Gowah.

Namun warga Desa Gowah akhirnya mundur karena terdesak oleh massa FPI yang lebih banyak. Lihat .

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Sita Senjata

Polisi yang kemudian tiba, langsung menyisir lokasi bentrokan. Petugas menangkap 42 anggota FPI dari sebuah rumah dan musala. Polisi juga menyita 50 senjata tajam berbagai jenis, di antaranya parang dan pedang, dari anggota FPI. Sebagian besar senjata itu ditemukan di dalam musala.

Kapolres Lamongan AKBP Solehan berjanji akan menindak tegas siapapun yang terlibat dalam bentrok itu, baik anggota FPI maupun warga. Kini guna mencegah bentrok susulan, ratusan polisi termasuk Brimob Polda Jawa Timur bersiaga di lokasi kejadian.

Pertengahan Juli kemarin, bentrok antara warga dengan FPI juga terjadi di Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah. Bentrok berawal dari sweeping FPI setempat ke beberapa tempat hiburan.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Warga yang tidak suka kemudian melawan aksi sweeping. Alhasil FPI kabur dari kejaran warga. Nahas ketika kabur, satu mobil FPI menabrak warga hingga tewas sehingga masyarakat Sukorejo kian marah. (ren)

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024