FOTO: Presiden SBY Lantik Hakim Mahkamah Konstitusi

Pelantikan Hakim MK
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Hakim Konstitusi Akil Mochtar, Patrialis Akbar, dan Maria Farida Indrati di Istana Negara, Jakarta, Selasa 13 Mei 2013.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Akil dilantik menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi menggantikan Mahfud MD, Patrialis dilantik menggantikan Achmad Sodiki yang jabatannya berakhir pada Agustus 2013, dan Maria dilantik untuk periode keduanya sebagai Hakim Konstitusi.

Akil adalah Hakim Konstitusi yang terpilih dari jalur DPR, sedangkan Patrialis dari jalur pemerintah yang ditunjuk berdasarkan hak prerogatif Presiden. Lihat pelantikan mereka .

Akil terpilih menjadi Hakim Konstitusi sejak tahun 2008. Masa jabatan periode pertamanya berakhir pada 16 Agustus 2013, namun dapat diperpanjang ke periode kedua hingga tahun 2018. DPR pun memutuskan untuk memperpanjang jabatan mantan politisi Golkar itu.

Sementara Maria Farida yang masa jabatannya berakhir pada 19 Agustus 2013 ditunjuk kembali oleh Presiden SBY untuk menjadi Hakim Konstitusi.

Terakhir, Patrialis Akbar yang dilantik menggantikan Achmad Sodiki yang memasuki masa pensiun, merupakan mantan politisi Partai Amanat Nasional, mantan anggota Komisi Hukum DPR, dan mantan Menteri Hukum dan HAM. (eh)

Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024