KPK Tak Gentar Usut Jero Wacik Jika Terlibat Suap SKK Migas

Jumpa Pers Ketua KPK Periode 2011-2015 Abraham Samad
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad belum memastikan apakah kasus suap yang menjerat mantan Ketua SKK Migas, Rudi Rubiandini  juga melibatkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik.
Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

"Belum disimpulkan karena kita lagi lengkapi dokumen, banyak dokumen yang disita. Belum bisa disimpulkan begitu (apakah ada hubungannya dengan Jero), kita masih mendalami. Kita coba telusuri lebih jauh," kata Abraham di Gedung DPR, Jumat 16 Agustus 2013.
5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Menurut Abraham, jika Jero Wacik juga terlibat dalam kasus tersebut, Abraham mengatakan KPK tak akan takut untuk tetap menindak, meskipun Jero Wacik adalah orang dekat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

"Ya iyalah (tidak takut menindak) dulu si Menpora lebih anak emas (SBY)," ujar Abraham.

Namun yang jelas, kata Abraham, dari hasil penyitaan dokumen, KPK tidak menutup kemungkinan untuk memanggil Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu untuk diperiksa. "Dari hasil dokumen yang kita sita kemarin, tidak menutup kemungkinan (panggil Jero Wacik)," kata Abraham.

Di samping itu, Abraham menambahkan, KPK tidak akan memaksa Rudi Rubiandini untuk membongkar kasus ini, apalagi  sebagai justice collaborator. "Kita lihat ketulusan seseorang untuk membongkar secara utuh. Kita tidak ingin tawarkan, nanti kita lihat dari hasil pemeriksaan. Kita masih mengorek terus keterangan," katanya

Sebelumnya Menteri ESDM Jero Wacik menyatakan bersedia diperiksa KPK dalam kasus suap SKK Migas. Bahkan kata Wacik, jika KPK memiliki bukti yang cukup, tanpa perlu didesak siapapun yang diperlukan bisa dimintai keterangan. 

"KPK enggak usah diajarin, KPK kan tahu. Jadi jangan bilang siap-siap, hukum yang bekerja. Biarkan saja. Saya merasa clear! Saya tidak pernah perintahkan, tidak pernah perintahkan jajaran saya untuk berbuat curang," kata Jero Wacik.

Sebelumnya penyidik menggeledah ruang Sekjen ESDM, KPK juga telah menggeledah lima ruangan di kantor SKK Migas dan PT Kernel Oil, Kamis kemarin. Dari tiga lokasi ini, penyidik KPK menyita sejumlah dokumen dan uang dalam bentuk dolar AS. Selain uang US$ 200 ribu itu, KPK juga menyita lagi uang sebesar US$320 ribu dari safety box Rudi Rubindini di Bank Mandiri. Di safety box ini juga ditemukan keping emas 180 gram.

Temuan uang ini di luar yang disita sehari sebelumnya. Selain US$400 ribu sebagai bukti tangkap tangan, KPK juga menyita uang US$300 ribu yng diberikan untuk Rudi dari Kernel Oil saat bulan Ramadan. Disita juga uang dari rumah Rudi senilai US$90 ribu dan Sin$127 ribu. Sedangkan dari tersangka lain yang berperan sebagai kurir, Ardi, KPK menyita uang US$200 ribu yang disimpan di rumahnya. Untuk barang bergerak, disita sebuah motor gede bermerek BMW. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya